OkeLeisure

Pernah Back Up Ahmad Albar, Penyanyi Rock Medan Is Chordex`s Meninggal Dunia

MEDAN | okemedan. Innalillahi wainnailaihi roji`un. Jagat maya pagi ini dikejutkan dengan kabar meninggalnya salah satu penyanyi rock senior Kota Medan, Iskandar Zulkarnaen Sembiring atau lebih dikenal dengan nama Is Chordexs.

Vokalis band Chordex`s kemudian berganti nama menjadi New Chordex`s ini menghembuskan nafas terakhir dinihari tadi sekitar pukul 4.58  di RS Columbia Asia akibat serangan jantung. Menurut kerabat, Is meninggal dalam usia 60 tahun dan meninggalkan 3 anak.

Ungkapan rasa kaget dan rasa kehilangan serta kesedihan pun mengalir di media sosial seperti Facebook dari rekan-rekan sesama seniman musik karena tidak menyangka atas kepergian almarhum Is untuk selama-lamanya. Bahkan ada yang menyebutkan baru saja chat WA kemarin dengan almarhum.

Selama hidupnya, kalangan penikmat musik rock di Medan di era 80-90-an mengenal Iskandar sebagai vokalis band New Chordex`s yang beranggotakan Chaci (kibod), Marwis (melodi), Mahar (bass),  Aviz (drum). Beberapa pemusik lain pernah juga memperkuat New Chordexs. Salah satunya bassis Daeng.

Pada awal karir, New Chordex’s dikenal banyak membawakan lagu-lagu Scorpions kemudian God Bless di panggung.

Tahun 1989 dan 1991, New Chordex’s mewakili Medan dalam kontes musik rock paling bergengsi di tanah air yakni Festival Rock Log Zhelebour di Surabaya. Selain band meraih Harapan 2, di festival yang sama tahun 1991 kibodis Chachi dan drummer Avis terpilih sebagai kibod terbaik dan drum terbaik.

Almarhum juga pernah diajak Ian Antono memperkuat konser Gong 2000, sebagai backing vokal Ahmad Albar. Ia juga pernah merilis single “Bara Api” salah satu lagu pemenang Lomba Cipta Lagu di Jakarta. Lagu itu sempat hits di radio. Saat itu Is juga dikabarkan bakal merilis solo album tapi entah kenapa tidak jadi.

Sampai akhir hayatnya, Is masih aktif bernyanyi dan New Chordex`s masih berkibar dengan formasi baru.

Tahun lalu misalnya, ia tampil dalam acara konser amal.

Formasi terakhir New Chordex`s di depan publik diketahui adalah pemain melodi Iqbal (putra almarhum Marwis ), bassis Edi Zamzani (Edi Kemiri), kibodis Chachi, drummer Rahman (adik almarhum Avis) dan vokal Iskandar Sembiring.

Kini satu-satunya angota New Chordex`s formasi 80-an yang tersisa masih hidup adalah pemain kibod Chachi. Anggota lain seperti gitaris Marwis, bassis Mahar dan drummer Avis sudah lebih dulu meninggal dunia.

Beberapa tahun terakhir, almarhum Is aktif dalam kegiatan politik. Pada Pemilu 2024 ini, ia dikabarkan sempat maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif dari Partai Gerindra. Ia juga dikenal aktif sebagai pengurus  Pemuda Pancasila (PP) di kawasan Mandala-Industri Medan dimana almarhum bertempat tinggal selama ini. Istri almarhum sudah lebih dulu meninggal beberapa tahun lalu.

Selamat jalan Is…

OM – diur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics