OkeBiz

Kementerian PUPR Selesai Bangun Paving Block Jalan Perumahan Grand Mutiara Residence, Bakaran Batu

MEDAN | okemedan.  Pembangunan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) di Kompleks Perumahan Grand Mutiara Residence di Jalan Sunda, Kecamatan Bakaran Batu, Kabupaten Deliserdang  berupa jalan dari bahan paving block telah rampung keseluruhannya.

Pembangunan PSU di Kompleks Grand Mutiara Residence di Jalan Bilal tersebut  atas bantuan  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Direktorat Jenderal Perumahan  Badan Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II Satker Penyediaan Perumahan Provsu.

Paving block diketahui dapat menyerap air hujan di bagian sisi-sisinya sehingga dapat membantu penyerapan genangan air di permukaan jalan. Hal ini berguna untuk menjaga ketersediaan air tanah, sehingga paving block /con blok menjadi solusi yang tepat untuk pengerasan jalan yang ramah lingkungan.

Gapura perumahan Grand Mutiara Residence.

Sebagaimana diketahui, bantuan ketersediaan PSU oleh Kementerian PUPR merupakan kelengkapan dan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman. Selain itu merupakan kelengkapan fisik untuk mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman dan terjangkau.

Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, bantuan PSU adalah bantuan pembangunan berupa penyediaan komponen prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2023 pemerintah menyalurkan bantuan PSU kepada 43.068 unit rumah bersubsidi di seluruh Indonesia.

Adapun bentuk bantuan jalan meliputi jalan lingkungan perumahan, jalan penghubung antar perumahan atau jalan akses perumahan umum.

Dengan telah selesainya pembangunan PSU berupa paving blok/ con block maka akses dari dan ke rumah warga perumahan semakin lancar.

Akses jalan keluar Grand Mutiara Residence.

Grand Mutiara Residence di Jalan Bilal, Kecamatan Bakaran Batu  Deli Serdang merupakan perumahan tipe 36 berjumlah 217 unit yang dibangun sejak 1 tahun lalu. Sebagian besar rumah-rumah tersebut telah dihuni oleh pemiliknya. Saat ini juga sedang dibangun taman-taman  untuk memperindah  area perumahan.

Selain Grand Mutiara Residence, Arsaland Property Group juga membangun  perumahan  Grand Mutiara Tanjung Morawa, Grand Mutiara Klambir Lima, dan segera dibangun perumahan komersil di Jalan Selamat.

OM – diur  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics