Okedukasi

Chopard Berkolaborasi dengan Happy Hearts Indonesia Bangun Sekolah Terbuat dari Sampah Plastik Daur Ulang

MEDAN | okemedan.  Perusahaan jam tangan dan perhiasan terkemuka asal Swiss, Maison Chopard, berkunjung  ke Sumba Barat Daya, untuk meresmikan sekolah yang dibangun melalui kerja sama dengan organisasi amal Happy Hearts Indonesia dengan total sumbangan sebesar US$61.000.

Dana tersebut digunakan untuk membangun kembali dua sekolah, salah satunya adalah PAUD Tunas Daud, sebuah taman kanak-kanak yang dikonversi menjadi sekolah ramah lingkungan dengan menggunakan balok-balok yang terbuat dari sampah plastik.

Sekolah ini sekarang memiliki dua ruang kelas yang nyaman yang terbuat dari bata ramah lingkungan (terbuat dari sampah plastik), toilet, mainan edukatif, dan taman bermain. Dari dua ruang kelas tersebut, setiap ruang kelas yang dibangun dengan menggunakan bahan blok dapat mengurangi 1-2 ton sampah plastik dari lingkungan.

Fasilitas yang ditingkatkan tidak hanya secara langsung bermanfaat bagi anak-anak, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan belajar.

Infrastruktur yang lebih baik akan memfasilitasi akreditasi, yang selanjutnya akan menguntungkan para guru dan siswa karena ini adalah satu-satunya taman kanak-kanak di Desa Watulabara, Kecamatan Wewewa Barat.

Menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini, penduduk setempat memprakarsai pendirian sekolah pada tahun 2018. Sebelumnya, anak-anak usia taman kanak-kanak harus berjuang setiap hari, berjalan kaki sejauh lebih dari 5 kilometer untuk mengakses pendidikan.

PAUD Tunas Daud kini menyediakan kesempatan pendidikan dini yang penting bagi warga. Dengan sekolah dasar dan sekolah menengah atas dalam radius 1,5 kilometer, lulusan PAUD Tunas Daud akan lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Proyek perluasan sekolah SD Wali Ate

Selain peresmian, kunjungan Chopard ke Sumba Barat Daya juga mencakup peninjauan perluasan sekolah SD Wali Ate. Sejak program pembangunan kembali dimulai pada bulan Maret 2020, sebanyak 376 anak telah menerima manfaat dari fasilitas yang ditingkatkan dan lingkungan belajar yang kondusif yang disediakan oleh perluasan bangunan.

Ruang tambahan ini memungkinkan sekolah untuk menampung lebih banyak guru, mempertahankan rasio ideal 1:20 antara guru dan murid, menggarisbawahi dampak positif dari dukungan Chopard terhadap masyarakat setempat.

Dukungan  Chopard untuk perluasan SD Wali Ate meliputi pembangunan ruang kelas, dua toilet, dan perpustakaan. Kehadiran perpustakaan memiliki arti penting karena merupakan hal yang langka di antara sekolah-sekolah di wilayah Sumba Barat Daya. Perpustakaan berfungsi sebagai tempat yang menarik bagi siswa, mendorong pengembangan keterampilan literasi dan eksplorasi dunia yang kita kenal.

Sebagai lembaga percontohan di Wali Ate, sekolah ini merupakan hasil dari inisiatif yang dipimpin oleh masyarakat, dengan partisipasi aktif dari penduduk setempat dalam pembangunan gedung sementara, yang kemudian digantikan dengan dukungan Chopard.

Kunjungan ke SD Wali Ate.

Mengungkapkan rasa terima kasihnya, Sylvia Beiwinkler, CEO Happy Hearts Indonesia mengatakan, “Komitmen Chopard untuk membangun kembali sekolah-sekolah di Sumba Barat Daya telah berperan penting dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di komunitas ini. Kami sangat berterima kasih atas dedikasi mereka terhadap pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.”

Pierre-Ettore Millereau, Managing Director Asia dan Oseania di Chopard, berbagi antusiasme, dengan menyatakan, “Sejalan dengan komitmen Chopard terhadap ‘Perjalanan Menuju Kemewahan yang Berkelanjutan’, kami sangat yakin bahwa pendidikan adalah katalisator yang kuat untuk mengubah kehidupan. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan Happy Hearts Indonesia dalam inisiatif penting ini, yang secara positif memberikan dampak bagi kehidupan anak-anak Indonesia.”

Kunjungan ke SD Wali Ate dan peresmian PAUD Tunas Daud baru-baru ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Chopard terhadap pendidikan dan keberlanjutan. Melalui kemitraannya dengan Happy Hearts Indonesia, Chopard terus membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat yang mereka layani.

OM – nta, ril

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by ExactMetrics