Mau Kerja di Hotel? IHGMA Sumut dan SAS Siapkan Pelatihan dan Penempatan Januari 2021

oleh -235 kali dibaca
Junior Suite room Arnoma Grand Hotel Bangkok (foto: diurnanta)

Medan | okemedan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) , organisasi para general manager hotel bekerjasama dengan lembaga SAS (Sentina Arta Sumberdaya) memberi kesempatan kepada generasi muda yang ingin bekerja dan berkarir dalam industri perhotelan .

Saat ini, IHGMA dan SAS telah membuka pusat pelatihan training. Pusat pelatijhan ini terbuka untuk untuk para lulusan Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan di Sumatera Utara,” kata Ketua DPD IGHMA Sumut, Zulham Ahmad.

“Kami mengajak  para lulusan untuk bergabung dengan ISAT (IHGMA SAS Training Center) Kenapa ? Karena dalam 6 bulan  akan diedukasi dan dilatih langsung oleh para General Manager Hotel dan Professional Hotelier Sumut dan akan langsung direkrut untuk kerja di hotel,” ujar Zulham didampingi  Agus Widyasmoro, Humas Drs. Afwandi dan pengurus IHGMA Sumut lainnya.

Hal ini juga sejalan dengan program DPD IHGMA Sumut. Usai dilantik sebagai Ketua DPD IHGMA Sumut periode 2019-2024 di Wing Hotel Kuala Namu Desember lalu, Zulham Ahmad menyatakan, DPD IHGMA Sumut akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) . Pengembangan ini dibekali dan dilengkapi dengan database, yang lengkap dari ajang hospiltality. “Jadi untuk terjun ke lapangan, siapapun yang terjun dia sudah membawa modul yang sama,” sebutnya waktu itu.

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Sumut Denny S Wardhana saat memberi sambutan menyebutkan dibutuhkan 2,25 juta tenaga kerja baru di dunia pariwisata  sampai tahun 2024. Untuk itu, ia berharap setiap GM berkenan melakukan duplikasi untuk menciptakan GM GM baru dalam mengisi kebutuhan GM di industri yang sedang berkembang pesat ini.

Zulham menambahkan, para peserta pelatihan ISAT ini akan dipersiapkan untuk dapat menjadi tenaga kerja yang memiliki skill, knowlegde dan attitude berkualitas di dunia perhotelan. “Para GM dan hotelier dari IHGMA dan SAS akan membagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya kepada para peserta,” ujarnya.

Calon peserta pelatihan akan diseleksi masuk sebelum program pelatihan dimulai. Adapun persyaratannya, pria wanita berusia minimal 18 tahun, lulus dan SMU (Kejar Pket CSMK/Diploma. TInggi badan untuk wanita 156 dan untuk pria 162 cm. Tidak memiliki tato , bekas luka dan cacat wajah, bisa berbahasa Inggris minimal basic, sehat fisik dan mental, tidak dilrang bekerja di hoitel, bersedia menandatangani kontrak magang dan pelatihan selama 3 bulan sebelum ditempatkan bekerja di hotel.

Adapun bidang pekerjaan yang tersedia di hotel adalah Hoesekeeping Attendant, Waiter, Bartender, Barista, Cooks dan di Front Office.
Direncanakan, pada bulan Januari 2021 para lulusan ISAT sudah akan mulai bekerja di hotel hotel terutama di wilayah Sumatera Utara. *

OM/ akbar

Berikan Komentar