OkeTravel

MASATA Sumatera Utara Resmi Dilantik

43 DPD dan DPC di Seluruh Indonesia

JAKARTA | okemedan. DPD MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) Sumatera Utara resmi dilantik oleh Sekretaris Jenderal (MASATA Pusat, Andi Azwan,  Sabtu (3/10) di Jakarta, bersama 42 DPD dan DPC di seluruh Indonesia. Pelantikan berlangsung secara hybrid (fisik dan virtual)  lewat zoom clouds meetings.di ruang rapat DI Panjaitan Lt.2 Witel Jakarta Timur dihadiri hampir 700 pengurus MASATA dari seluruh Indonesia, dipimpin Ketua Umum MASATA, Panca Rudolf Sarungu.

Dalam sambutannya, Panca Rudolf Sarungu mengatakan, yakin percepatan pertumbuhan perekonomian optimis dapat terwujudkan kendati belum tahu kapan pandemi ini berakhir.

“MASATA tidak hanya sebuah organisasi non-profit pariwisata saja melainkan juga mitra pemerintah dalam hal pengawasan program dan kebijakan agar sampai di masyarakat tepat guna dan tepat sasaran,” tegasnya.

Panca mengakui ini pekerjaan yang tidak mudah tapi dengan melibatkan masyarakat dalam kepengurusan, tujuan pemerintah diantaranya pembentukan desa desa wisata segera terwujud.

Ketua DPC MASATA Deli Serdang Drs Afwandi (kanan bawah) dan pengurus lain yang ikut dilantik.

Ketua DPD MASATA Sumatera Utara, JR Martin Siagian dalam kesempatan yang sama menyatakan dengan menggali dan mengembangkan terus seluruh potensi sumber daya alam pariwisata yang luar biasa di daerah khususnya di Sumatera Utara, niscaya kesejahteraan yang diharapkan dapat terwujud. Pihaknya menargetkan 34 DPC dan melibatkan tidak hanya pelaku industri pariwisata, melainkan  pemerhati, pencinta pariwisata dan masyarakat.

Yan Djuna, Kepala Bidang Pemberdayaan Komunitas Pariwisata dan UMKM MASATA DPD Sumatera Utara berharap semua pengurus di setiap daerah terus berkoordinasi, berkonsultasi, bersinergi dan berkolaborasi tentang program-program MASATA.

“Setiap pengurus bersama-sama dengan pemerintah memajukan pariwisata dan UMKM Indonesia untuk mendatangkan devisa negara karena pariwisata ditambah usaha kerakyatan yang berkesinambungan adalah penyelamat perekonomian bangsa”, ujarnya

Pelantikan  dihadiri Wisnu B Tarunajaya, Deputi Bidang Sumberdaya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dam Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewakili Menparekraf.

“Atraksi yang menarik, aksesbilitas yang mudah dan amenitas yang berkualitas sangat penting bila ingin pariwisata Indonesia tidak hanya Bali saja, sebagai tujuan wisata dunia,” tegasnya.

Turut hadir Didien Junaedy, Ketua Umum GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) dimana MASATA terdaftar sebagai anggota.

MASATA dibentuk 04 April 2018 di Pulau Bali. Saat ini terdapat 43 DPD dan DPC di seluruh Indonesia.

OM | diurnanta

 

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button