Hemat Ongkos dengan Bus Gratis GO KL di Kuala Lumpur

oleh -315 kali dibaca
Bus Go KL mangkal di Pasar Seni, Kuala Lumpur (okemedan/poetra)

OkeMedan-Kuala Lumpur

Jika Anda akan atau sedang berada di Kuala Lumpur, ibukota Malaysia ingin menghemat biaya transportasi, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah untuk wisatawan maupun masyarakat umum yaitu bus Go KL.

Bus Go KL ini sepanjang hari dari pagi sampai malam melayani penumpang untuk tujuan-tujuan terbatas tapi umumnya spot spot perbelanjaan dan wisata belanja di KL.

Ada 4 Line yang diberi nama warna (Purple Line, Green Line, Red Line, dan Blue Line) Walau diberi nama warna yang berbeda tapi semua bodi bus warnanya sama yaitu lila muda.

Untuk memastikan line apa (purple dst) lihat line (jalur) dan tujuan di  bagian  depan bus.  Agar tidak salah naik.

Untuk panduan Anda, Purple Line melayani rute Pasar Seni -Bukit Bintang. Artinya berangkat dari Pasar Seni dan berakhir di Bukit Bintang.

Green Line melayani rute Bukit Bintang-KLCC dimana terdapat menara kembar (Twin Tower).

Red Line melayani rute Chow Kit – KL Sentral dan sebaliknya, dan Dataran Merdeka/Merdeka Square.

Blue Line  menempuh rute Starhill Gallery (tak jauh dari Pavilion Mall) hingga Terminal Tun Abdul Razak.

Kecuali Red Line, tiga bus Go KL yang lain semua melayani atau singgah di Jalan Bukit Bintang yang dikenal sebagai spot wisata belanja dan hang out KL

Bagaimana caranya jika dari Stasiun Pasar Seni tempat bus Go KL Purple Line mangkal kita mau ke menara kembar KLCC/ Twin Tower?

Pertama naik dulu bus Go KL Purple Line rute dari Terminal Pasar Seni di kawasan Chinatown. Pilihlah bus Go KL Purple Line yang ada tulisan Pasar Seni – Bukit Bintang di kap atas bus.

Sesampainya di depan Pavilion silahkan turun. Ada tiga halte pemberhentian untuk berganti ke bus Green Line yaitu di halte atau pemberhentian Pavilion, kedua di Starhill Gallery serta pemberhentian Bukit Bintang, lewat sedikit dari persimpangan Stasiun monorail Air Asia Bukit Bintang belok ke kanan dari arah Pavilion.

Nah, turunlah diantara ketiga halte. Untuk informasi, di KL tidak boleh sembarangan menaikturunkan penumpang. Khusus bus Go KL pun sudah ada halte halte stop nya.

Setelah turun, tunggu Bus Go KL Green Line datang. Setiap bus yang datang akan berhenti di halte dan pintu hidrolik otomatis terbuka dan tertutup tak pakai lama. Tunggu sampai penumpang di dalam keluar dulu baru kita masuk.

Jika tujuannya ke Dataran Merdeka, Pasar Chowkit  ataupun KL Sentral, naiklah bus Red line. Naik atau turun di KL Sentral. Rutenya sampai ke Terminal Tun Abdul Razak dan Pasar Chowit dimana banyak pedagang Indonesia terutama dari Sumatera dan Aceh.

Ada sejumlah lokasi tempat bus bertukar penumpang seperti Bukit Bintang dan ke Chowkit bertukar bus lagi sebelum sampai ke Pasar Chowkit.  Pindah saja.

Pada sore hari dan jam sibuk, penumpangnya sangat ramai. Terpaksa berdiri. Sebelum berhenti, selalu ada pengumuman secara otomatis. Juga akan disebutkan next station atau stasiun berikutnya setelah bus berjalan lagi.

Semua bus berpendingin udara dan memiliki fasilitas hotspot. Dan sekali lagi percuma alias gratis!

OM-Poetra  

 

 

Berikan Komentar