OkeTravel

Greenstarpark Hotel and Waterpark, Hotel Percontohan Berkonsep Hotel Hijau EcoGreen versi MASATA

PERDAGANGAN  | okemedan.  Greenstarpark Hotel and Waterpark managed by Ecotels Indonesia menjadi hotel bertaraf bintang empat yang hadir di tengah-tengah kota Perdagangan dengan konsep eco-green.

Hotel yang diresmikan dua tahun lalu, tepatnya 18 Agustus 2018 ini memang sejak awal sudah dikonsepkan dan direncanakan menjadi hotel resort hijau atau ecogreen.Hotel dan waterpark yang menerapkan fasilitas yang ramah lingkungan. Hal itu sudah terlihat di landscape bangunan bernuansa natural, pembibitan bunga, buah-buahan dan beberapa fasilitas lain.

Tak heran, dengan menggandeng salah satu manajemen hotel hijau eco-green yaitu Ecotels Indonesia, Greenstarpark mampu melaju cepat dan terdaftar sebagai hotel hijau di Dinas Pariwisata dan satu-satunya hotel hijau di Kabupaten Simalungun bahkan di Sumatera Utara menurut versi MASATA (Masyarakat Sadar Wisata).

JR.Martin M Siagian selaku Owner Corporate Representative dari Greenstarpark Hotel and Waterpark mengatakan bahwa ‪semua fasilitas yang ada di kamar, seperti lampu, sistem toilet, AC, TV, semuanya berkonsep eco green. Dia juga menambahkan, penerapan hotel ramah lingkungan  menyesuaikan dengan aturan pemerintah bahwa hotel hijau jauh lebih hemat dan sehat. Meski diakuinya pada awalnya memerlukan pembelian beberapa peralatan yang jauh lebih mahal.

‪”Meskipun lebih mahal, akan tetapi jauh lebih hemat dibandingkan jika kita memakai fasilitas yang biasa. Kita sudah memakai lampu tenaga surya dan kebutuhan listrik menjadi lebih hemat. Sangat membantu biaya pengeluaran di hotel  apalagi masa pandemic covid 19 seperti ini  dan hebat nya kami mampu bertahan dan tidak tutup secara total selama pandemic Virus Covid 19 imbuhnya.

‪Bukan hanya itu saja, keseriusan hotel ini menampilkan nuansa hijau terlihat dari pepohonan di sepanjang area, mulai dari lobby publik area hingga menuju waterpark yang banyak ditanami tumbuhan dan buah-buahan seperti buah anggur, markisa, strawberry, aquaphonic dan beberapa bunga-bunga langka lainnya. Semua dikonsepkan menjadi hotel hijau nan ramah lingkungan.  “Kita masih menambah ratusan tumbuhan hijau, sayur mayur buah-buah an untuk ketahanan pangan selama pandemic ini,” ujarnya kepada media di Medan.

Berlakukan protokol kesehatan

Di masa pandemic Covid-19, pihak pengelola Eco Greenstarpark memberlakukan protokol kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Martin menjelaskan, protokol kesehatan ini berlaku untuk semua petugas dan pengunjung yang berada di area Eco Greenstarpark.

Sejumlah protokol kesehatan itu antara lain kampanye agar pengunjung selalu menggunakan masker dan mencuci tangan. Jalur masuk dan keluar juga didesain sedemikian rupa agar pengunjung yang masuk dan keluar tidak berpapasan.

Untuk protokol kesehatan semasa Pandemic Covid 19 pengelola pun memasang sticker jaga jarak aman di berbagai tempat yang harus diterapkan pada pengunjung. Sticker ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kerumunan dan pengunjung yang berkelompok di tempat wisata.Ruang Hygenitas, Pengukur suhu badan automatic dan pencucian tangan dipersiapkan di depan pintu waterpark.

Protokol kesehatan juga diberlakukan di loket tiket penjualan. Kasir diwajibkan menggunakan masker, pelindung wajah, dan selalu membersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah transaksi di tempat kasir. Dengan begini, pihak pengelola berharap bahwa pengunjung dapat merasa nyaman dan aman saat berwisata ke Eco Greenstarpark.

Pantauan okemedan, kesimpulannya berwisata ke Eco Greenstarpark sangat seru dan menyenangkan. Selain bisa untuk bersenang-senang, dijamin banyak ilmu seputar Go Green yang bisa kita terapkan sehari-hari tentunya dengan konsep  “Ecogreen One Stop Place for Playing  Learning, Staying dan Relaxing.”

 

OM-tami/akbar

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button