Begini Caranya Naik Bus dari Bandara KLIA2 ke KL Sentral dan Sebaliknya

oleh -155 kali dibaca
Papan petunjuk Gate P dan Q di Terminal Kerangkatan. foto: dwi

Kuala Lumpur – Jika bepergian untuk tujuan wisata, siapa sih yang gak mau hemat dan murah?

Begitu juga dalam masalah transportasi. Kalau ada yang murah kenapa harus yang mahal, bukan?

Bagi kamu yang pergi Ke Kuala Lumpur menggunakan pesawat dan mendarat di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2 ada banyak pilihan moda transportasi angkutan umum dari Bandara KLIA2 ke kota Kuala Lumpur seperti kereta api, bus, dan taksi.

Jika kamu mau pilih yang murah tentunya adalah naik bus. Karena harga tiketnya sangat murah yaitu RM 12 atau sekitar Rp 42 ribu per penumpang. Saat ini, banyak bus sudah diupgrade baik kursi maupun AC nya. Lebih nyaman.

Sebelum naik bus, calon penumpang bisa membeli tiket dulu di Level 1 Bandara KLIA2 tepatnya di Transportation Hub, area Gateaway ketibaan di Level 1. Jalan sedikit dari situ keluar dari pintu kaca (lihat saja petunjuk) tempat bus menunggu penumpang.

Jadwal keberangkatan bus pertama dari KLIA2 menuju KL Sentral adalah jam 5 pagi dan bus terakhir pukul 2.45 dinihari. Sebaliknya bus dari KL Sentral berangkat perdana pukul 3 pagi dan terakhir jam 9 malam. Peraturannya setiap 30 menit tapi itu tidak mutlak, jika sudah penuh bus bisa berangkat lebih cepat.

Setelah pegang tiket, sebelum naik bus penumpang menunjukkan kepada petugas yang berdiri di pintu naik depan. Jika ada kopor atau tas besar sebaiknya masukkan di bagasi di bawah bus yng sudah dibuka. Jangan takut hilang, karena selalu aman. Jika susah memasukkannya boleh minta tolong petugas. Oya, di dalam bus dilarang makan. Kalau kamu terpaksa, bawa sedikit roti dan minuman yang diwadahi plastik. Teguk dan telan hati hati jangan berserakan.

Lama perjalanan dari Bandara KLIA2 ke KL Sentral (KL Sentral adalah terminal pusat angkutan darat) sekiar 50 menit  sampai 1 jam 10 menit jika kondisi jalan normal.

Bagi kamu yang akan berangkat dari KL Sentral ke Bandara untuk terbang, disarankan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan sudah berangkat dari KL Sentral. Terutama pada siang hingga sore dimana banyak sekali penerbangan yang berarti banyak penumpang. Kalau maam di atas jam 8 malam relatif tidak banyak antrian di Imigrasi. Tapi jangan waktu-waktu libur ya. Antrian pemeriksaan paspor bisa sampai 20-30 menit belum lagi pemeriksaan bea cukai. Dan harap diingat, Gate keberangkatan sangat banyak terbagi dua di kiri P dan kanan Q. Masing-masing ada 21 Gate.  Lumayan jauh berjalan kaki. Bisa 15 menit baru tiba di Gate 21!

Jika sedang hujan lebat di Kuala Lumpur, biasanya ada banjir di beberapa titik yang menyebabkan traffic jam atau kemacetan terutama sore dan malam hari. Maka kamu harus lebih cepat lagi berangkat ke Bandara daripada ketinggalan pesawat. Bisa hampir dua jam baru sampai Bandara lho.

Oya, setelah tiba di KL Sentral, kamu boleh atur waktu apakah mengisi perut dulu karena banyak resto dan kafe, atau cuci mata karena banyak outlet di KL Sentral maupun New KL Sentral. Jika mau melanjutkan perjalanan ke tempat penginapan tinggal pilih mau naik apa, di KL Sentral terdapat stasiun kereta monorail, LRT ke berbagai tujuan, juga taksi di depan gedung KL Sentral. Bisa pesan taksi online Grab, dan juh lebih murah daripada taksi argo. Tapi ada juga bus Go KL yang gratis. Hanya kamu perlu tahu rutenya lebih dulu.

Okemedan/ Dian Dwi

_______

Berikan Komentar