Google Cloud Platform Resmi Diluncurkan di Jakarta

oleh -37 kali dibaca
foto: Google

Jakarta | okemedan Google Cloud Platform GCP) baru di Jakarta telah resmi diluncurkan hari ini. Dalam siaran pers yang diterima okemedan.com, Rabu (25/6), Managing Director Google Cloud Asia-Pacific Rick Harshman, mengatakan peluncuran region Jakarta yang baru dapat mendekatkan GCP ke pelanggan dan para pengguna. Menurutnya, dengan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia, dapat mempercepat transformasi digital mereka.

Dia menambahkan dari awal, region ini dirancang untuk memiliki tiga zona cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud dapat mempercepat transformasi digital mereka. Ini juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC.

Dari awal, region ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud sekarang menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Adanya region di Jakarta ini akan membantu pelanggan dan calon pelanggan baru dalam memanfaatkan teknologi Google Cloud untuk menyajikan pengalaman pengguna lokal yang lebih baik. “Google Cloud telah membantu kami dalam menjalankan strategi perbankan digital untuk meningkatkan inklusi finansial dan dalam melayani kebutuhan perbankan rakyat Indonesia,” ujar Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Saat ini, kami menggunakan Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk. Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi. Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas komitmen Google dan akan membantu kami dalam menjangkau nasabah dengan lebih baik lagi,” tambahnya.

Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar  termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery. Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat dan hemat biaya. Pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal, serta melalui banyak lokasi dedicated interconnect.

Di bagian lain siaran persnya disebutkan, untuk membantu membangun angkatan kerja yang siap untuk cloud, tahun ini Google Cloud Platform akan mengadakan 150.000 lab pelatihan langsung di Indonesia. Ini sudah mencakup akses untuk mendapatkan sesi pelatihan dan kredit GCP secara gratis, serta serangkaian inisiatif kesiapan karier seperti Juara GCP, pelatihan Cloud OnBoard kami, dan juga beasiswa digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk membantu mendapatkan sertifikasi GCP.

OM/putra

Berikan Komentar