OkeSumut

Sungai Aek Natas Meluap, Ratusan Rumah Warga Tergenang

Labura– Sungai Aek Natas di Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), sejak Minggu (26/4/2020) pagi meluap, sehingga ratusan rumah warga, puluhan hektar lahan pertanian masyarakat, dan ruas jalan lintas Sumatera tergenang air.

Akibat meluapnya air dari Sungai Aek Natas dengan ketinggian mencapai 1 meter di ruas badan jalan milik negara itu, sehingga sempat menimbulkan kemacetan arus lalulintas.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat SIK SH MH bersama Dandim 0209 / LB, Letkol Infantri Santoso, sejak Minggu pagi, terlihat berada di lokasi banjir.

Selain kedua petinggi kepolisian dan militer yang membawahi Kabupaten Labuhanbatu, Labura dan Labuhanbatu Selatan, terlihat pula berada di lokasi banjir personil Polri / TNI bersama masyarakat.

Dalam kesempatan ini, personil Polri / TNI, sampai berita ini dikirim ke redaksi, terlihat selain mengamankan lokasi banjir, juga mengatur arus lalulintas serta membantu warga masyarakat terdampak banjir.

Bersama kedua petinggi Polri / TNI, juga hadir di lokasi bencana alam banjir, Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddinsyah SE.

Kharudinsyah menginstruksikan kepada BPBD setempat, untuk membangun posko dan dapur umum. Agar nantinya bisa menjadi tempat memasak santapan berbuka puasa, untuk warga yang terdampak banjir ini.

“Bangun segera posko dan dapur umum, untuk berbuka puasa nantinya. Bantu warga untuk tetap beribadah. Musibah ini jangan menyurutkan semangat warga untuk terus melaksanakan ibadah puasa,” pinta bupati.

Sebelumnya, Sungai Aek Natas meluap sampai ke ruas badan Jalanan Lintas Sumatera, di Desa Bandar Durian Kecamatan Aek Natas.

Meluapnya air sungai ini, akibat guyuran hujan yang lebat di kawasan itu. Akibatnya Jalan Lintas Sumatera di Kelurahan Bandar Durian, sempat putus. Antrian kendaraan bermotor pun tidak terelakkan, sepanjang hingga 3 Kilometer.

Sejak Minggu dinihari tadi, air di Jalan Lintas Sumatera ini tergenang. Namun bus besar masih bisa melintas. Namun sejak pagi, lalu lintas putus total. Mobil kecil dan besar tak bisa melintas.

(diaz)

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button