OkeSumut

Rektor UISU Khatib Idul Adha di Mesjid Raya Siantar

Tahun Ini Kurban 7 Ekor Lembu

Medan | okemedan. Dalam rangka menyemarakkan hari Raya Idul Adha 1441 H, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melaksanakan kegiatan kurban dan sholat Ied di kampus UISU Jalan SM Raja.

Selain itu, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin, MAP juga akan bertindak sebagai khatib dalam sholat Ied di Mesjid Raya Siantar. Sedangkan beberapa dosen lainnya juga akan menjadi khatib dalam sholat Ied di beberapa mesjid di kota Medan.

Kepada wartawan, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP mengatakan bahwa tahun ini UISU memulai kebijakan untuk menempatkan dosen-dosennya menjadi khatib sholat Idul Adha di masjid-mesjid yang ada di Medan dan luar daerah.

“Idul Adha tahun ini pada Jumat 31 Juli 2020, saya menjadi Khatib Shalat Ied di Masjid Raya, Pematang Siantar. Penjadwalan ini sudah dibincangkan dengan BKM dan Insha Allah saya khatib disana,” katanya didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi (KSI), Andang Suhendi SS MA dan Kepala Humas UISU, Zakaria Siregar SSos MSP.

Selain itu, UISU juga ada menyebarkan sejumlah dosennya untuk menjadi khatib pada Idul Adha tahun ini.

Dikatakan Yanhar, dosen-dosen yang menjadi khatib pada tahun ini adalah Drs Zainuddin Nasution MAP yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) akan jadi khatib di Masjid Polonia Medan. DR Nahar A Gani Lc MA, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) akan jadi khatib di Masjid Raya Taqwa Belawan serta dosen lainnya.

“Yang telah menjadi imam dan khatib pun di UISU selama ini sudah banyak,” ujarnya.

Dikatakan Rektor, tahun ini baru memulai program menyebarkan imam dan khatib untuk Shalat Ied ke sejumlah masjid di Medan dan kota- kota lain di Sumatera Utara.

Hal itu akan dikomunikasikan lewat kerjasama dengan para BKM dan UISU akan menanggung semua biayanya.

“Kedepan kita akan inventarisir dosen-dosen yang akan menjadi khatib, lalu kita distribusikan ke sejumlah masjid di Medan dan daerah. BKM tinggal terima dan tunggu saja,” ujar Yanhar lagi.

Sekaitan dengan itu, Rektor Yanhar Jamaluddin juga mengatakan, pada Idul Adha 1441 H, keluarga besar UISU sedikitnya akan menyembelih 7 ekor lembu dan 3 ekor kambing.

Peserta yang berkurban itu atas nama sejumlah pimpinan, jajaran rektorat, jajaran yayasan maupun para pegawai. Penyembelihannya dilaksanakan pada Sabtu 1 Agustus 2020.

“Ini sudah menjadi tradisi dan komitmen kami sejak dulu, yaitu tetap konsisten melaksanakan penyembelihan hewan kurban, selain dibagikan kepada keluarga besar UISU, daging-daging hewan kurban itu juga kami distribusikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

“Sampai hari ini kita inventarisir sudah ada tujuh ekor lembu dan tiga ekor kambing yang akan disembelih. Mudah-mudahan jumlah ini akan bertambah. Dan kami pun memiliki rencana, bila hewan kurban yang akan disembelih melebihi kuota yang sudah kami tetapkan, maka hewan kurban tersebut akan kami distribusikan ke daerah-daerah untuk disembelih kemudian membagikan dagingnya kepada masyarakat di daerah tersebut,” ucapnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU atas nama civitas akademika mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1441 H.

“Semoga moment hari raya Idul Adha tahun ini menjadi moment bagi seluruh umat Islam untuk meningkatkan rasa berkurban dan berbagi kepada sesama,” ujarnya.

OM-zan

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button