OkeSumut

Apa Kabar Sumut Fair 2020. Kapan Digelar?

Medan – Ucapan “Selamat Datang di Sumut Fair 2020, Eat  Shop Play Fun” masih terpampang di baliho menyambut pengunjung di pintu utama bangunan Pekan Raya Sumatera Utara di jalan Gatot Subroto Medan,  saat wartawan menjambangi, Minggu siang tadi (14/6).

Di sebelah kiri logo Pemprov Sumatera Utara komplit dengan tag Sumut Bermartabat. Di bagian kanan foto 15 artis nasional yang sudah dikontrak akan tampil. Mulai dari Siti Badriyah, Jamrud, Pamungkas, Ari Lasso, hingga Judika dan Via Vallen serta beberapa nama lain.

Namun, ucapan selamat datang itu terkesan hanya disambut angin, embun, panas dan hujan. Bukan pengunjung dan undangan. Betapa tidak, Sumut Fair 2020, yang dulu lebih dikenal sebagai Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) sedianya akan digelar pada 20 Maret – 20 April 2020 lalu.  Namun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendadak menunda karena mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. Alhasil, semua rencana pun berubah. Dan suasana di areal PRSU pun kini nyaris tanpa kesibukan berarti.

Padahal, sebelumnya,  pelaksanaan event tahunan terbesar di Provinsi Sumatera Utara ini disambut antusias Pemprovsu. “PRSU sekarang sudah memiliki nama yang baru, wajah baru, konsep baru dan tempatnya juga. Jadi, Sumut Fair 2020 diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat, membuat masyarakat semakin tertarik untuk datang ke event ini,” kata Gubsu, Edy Rahmayadi, dalam acara Gala Dinner Kickoff Sumut Fair 2020  di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, persisnya pada 6 Maret malam dengan mengundang berbagai pihak.

Untuk diketahui, event ke 49 tahun ini sebenarnya merupakan event perdana di tangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) setelah lama dipegang Yayasan PRSU. PPSU pun tampak membenahi fasilitas di areal pameran ini. Adapun jamuan makan malam itu sendiri menyasar dukungan dari berbagai stakeholder sesuai dengan tema Sumut Fair 2020, “Kolaborasi Sumut Bermartabat”.

Begitulah, mendekati hari pembukaan 20 Maret, di lokasi PRSU, persiapan pun terus dilakukan. Pihak PPSU terus membenahi fasilitas venue yang ada, mengubah menjadi lebih baik dan indah. Pemkab dan Pemko pun berpacu menggelontorkan anggaran, demikian juga perusahaan swasta yang terlibat.

Paviliun peserta, baik dari kabupaten kota, BUMN, BUMD, stakeholder,  maupun perusahaan swasta dan asosiasi berpacu menghias stand. Tak ketinggalan bidang pertunjukan hiburan. 15 artis ibukota, solo maupun group terkemuka dikontrak mengisi panggung utama.

Hingga dua hari menjelang hari H, seperti tahun sebelumnya, eskalasi persiapan tampak meningkat. Tim di lapangan tampak sibuk mengejar tengat waktu yang makin dekat.

Namun, semua rencana dan persiapan akhirnya buyar sehari jelang pembukaan. Gubsu menyatakan menunda pelaksanaan Sumut Fair 2020 sebagai antisipasi penularan pandemi virus Corona. Keputusan yang menghentakkan semua pihak tapi harus diterima dengan hati terbuka karena force majeur dan demi kemashalatan masyarakat.

Kini memasuki fase kenormalan baru, belum nampak tanda tanda Sumut Fair 2020 akan dibuka. Banyak masyarakat Sumut bertanya-tanya kapan pastinya akan diselenggarakan?

Hal ini disebabkan pihak Pemprovsu maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) selaku pemegang mandat Sumut Fair yang dulu bernama Pekan Raya Sumatera Utara tak kunjung memberi kepastian.

Wajar mereka bertanya karena Sumut Fair merupakan even besar yang ditunggu-tunggu. Bagaimanpun,  Sumut Fair sejatinya adalah miniatur Sumatera Utara. Marwah Sumut ada disitu.

Selain publik, jawaban pasti juga sangat diharapkan para partisipan, baik paviliun, peserta pameran serta kalangan vendor yang terlibat.

Sebab, untuk even sebesar Sumut Fair ini tentu banyak pihak sudah mencurahkan waktu, tenaga dan biaya untuk even ini. Merekapun dikabarkan sudah mengeluarkan pembiayaan lebih dulu demi mengejar tengat waktu pembukaan dan kesuksesan event ini. Dana, SDM, dan materi perangkat pendukung sudah terlanjur dipakai.

Semua ini butuh jawaban pasti dari Pemprovsu dan PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) selaku pihak yang sangat bertanggungjawab.

Perlu kejelasan kapan Sumut Fair 2020 digelar, agar martabat Sumut tetap terjaga. Adakah mungkin setelah fase kenormalan baru ini Sumut Fair digelar? Tentu dengan protokol kesehatan yang ketat, atau jikapun tidak diadakan tahun ini,  perlu juga kejelasan dan kompensasi bagi partisipan dan vendor yang sudah mengeluarkan dana, SDM dan material.

Sejatinya, Sumut adalah Semua Urusan Musti Tuntas, termasuk untuk Sumut Fair 2020 agar Sumatera Utara tetap bermartabat.

putra koto

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button