Madina

Warga Sihepeng Raya Madina Keluhkan Irigasi Pertanian

Panyabungan | okemedan. Warga Sihepeng Raya, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyampaikan keluhan mereka kepada Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution soal irigasi atau pengairan ke areal persawahan sungai Dano – Saba Palas yang rusak.

Mengetahui hal itu, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution didampingi Camat Siabu Ali Imsar Nasution turun meninjau sungai irigasi yang mengaliri persawahan seluas ratusan hektar di 6 desa Sihepeng Raya, Kamis sore (3/9/2020).

Tokoh masyarakat Sihepeng Raya, H Sahman Nasution kepada Bupati menyampaikan sungai irigasi tersebut sumber pengairan ke areal persawahan yang ada di Sihepeng.

“Ini sumber pengairan sawah warga yang luasnya ratusan hektar. Belakangan ini terjadi pendangkalan, harapan kami pak Bupati bisa membantu melakukan pengerukan dan pelurusan sungai,” kata Sahman Nasution didampingi 6 kepala desa di Sihepeng raya.

Sahman Nasution yang merupakan mantan anggota DPRD Tapsel itu menyebut irigasi Sungai Dano-Saba Palas itu panjangnya 1,5 kilometer.

Bupati Madina kepada warga dan kepala desa setempat mengatakan dalam waktu dekat akan menurunkan alat berat untuk mengerjakan pelurusan sungai tersebut.

Namun, Bupati meminta 6 kepala desa tersebut mengadakan musyawarah agar tidak ada permasalahan soal kerusakan tanaman apabila sudah dikerjakan.

“Saya minta kiranya kepala desa dan tokoh masyarakat begitu juga tokoh agama musyawarah dulu, undang semua pemilik lahan yang di pinggir sungai, supaya nanti saat pengerjaan tidak ada yang komplain tanamannya rusak dan sebagainya. Kita tidak ingin niat baik kita membantu masyarakat malah ada warga yang terzalimi,” kata Dahlan.

Bupati Dahlan Hasan Nasution menjelaskan persoalan yang dihadapi petani harus segera diselesaikan agar tidak berdampak pada hasil panen.

“Petani punya jasa besar bagi bangsa kita, tanggung jawab ketahanan pangan kita ada sama mereka. Karena itu apapun masalah yang dihadapi petani harus segera diselesaikan,” ujarnya.

 OMD-m1

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button