Madina

PWI Madina Bahas Kamtibmas Pasca Kisruh Mompang Julu

Audensi dengan Kapolres Madina

Panyabungan | okemedan. Para pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan audensi terkait Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi, Selasa (21/7/2020).

Audensi dilakukan di Ruangan Kapolres Madina tersebut dihadiri Ketua PWI Madina, Muhammad Ridwan Lubis, Sekretaris Abdul Holik Nasution, Bendahara Zamharir Rangkuti dan sejumlah anggota PWI Madina.

Menanggapi pertanyaan PWI terkait kamtibmas pasca kerusuhan Desa Mompang julu dan desa lainnya, Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi menjelaskan bahwa sejauh ini terkait kerusuhan yang disinyalir akibat penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

“Saya berharap dari kejadian yang telah lalu itu semua pihak bisa mengambil hikmahnya. Dan untuk kedepannya semoga kita semua bisa lebih mengedepankan jalan musyawarah serta mufakat dalam memutuskan suatu masalah agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban,” sebutnya.

Dia juga meminta kepada seluruh rekan-rekan wartawan agar selalu menciptakan suasana yang nyaman dan memberikan edukasi baik serta informasi yang sejuk agar Kabupaten Madina semakin kondusif.

Terlebih tak lama lagi akan menjalankan pesta demokrasi Pemilihan kepala Daerah (Pilkada).

“Melihat dari kejadian yang lalu, kami juga telah melakukan beberapa tindakan persuasif di tengah masyarakat dengan selalu berkordinasi dengan pihak pemerintahan. Baik itu pemerintahan kecamatan maupun desa,” jelasnya.

Langkah konkrit yang dilakukan guna menciptakan kamtibmas yakni mengutus setiap bhabinkamtibmas agar selalu turut serta dalam musyawarah desa dan langsung menghadirkan Kapolsek setiap adanya penyaluran bantuan di desa.

“Selain untuk menciptakan kamtibmas, hal ini juga kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dari gangguan ataupun oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam hal gangguan kamtibmas ditengah masyarakat,” katanya.

Dalam memberikan kamtibmas dan informasi kepada masyarakat, pihaknya juga telah membuat spanduk, posko dan call center bagi masyarakat yang ingin memberikan laporan atau pengaduan terkait itu.

Sementara itu Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan Lubis menuturkan ucapan terima kasihnya atas waktu yang diberikan Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi kepada PWI Madina.

PWI Madina juga mengapresiasi langkah persuasif yang telah dilakukan Polres Madina selama ini dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Madina khususnya kerusuhan di Desa Hutapuli Kecamatan Siabu, Desa Hutadame dan Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara terkait masalah penyaluran BLT DD.

“Kita dari PWI Madina juga siap membantu dan bekerjasama dengan Polres Madina dalam hal memberikan informasi dan edukasi yang positif kepada masyarakat, agar kamtibmas di Kabupaten Madina selalu terjaga”.tandasnya.

OMD-m1

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button