Madina

PT SMGP Selenggarakan PCR Test Massal Bagi Karyawan

Panyabungan I okemedan. Sebagai perusahaan yang tunduk dengan aturan-aturan pemerintah mengenai operasi perusahaan panas bumi di Indonesia, PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) turut mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah terkait dengan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia.

Apalagi dalam beberapa minggu terakhir bertambahnya kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mandiling Natal (Madina).

Berangkat dari hal tersebut, Direktur Utama PT SMGP Yan Tang memberlakukan peraturan untuk mewajibkan test PCR bagi seluruh personel SMGP, baik staff maupun kontraktor, yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Oktober di Musholla Basecamp Sorik Marapi.

Mewajibkan test PCR secara massal bagi seluruh personel PT SMGP, bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh personel yang bekerja di dalam kawasan terbebas dari COVID-19.

Tim Gugus Tugas COVID-19 PT SMGP terus melakukan observasi mengenai perkembangan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Secara paralel, tim juga memperbarui Protokol Kesehatan dan Tata Laksana Mobilisasi Personel SMGP guna melindungi seluruh karyawan dan juga komunitas di lokasi proyek berada

“PCR Swab Test ini dilakukan oleh tenaga medis dan fasilitas laboratorium dari Rumah Sakit Semen Padang. PCR Swab Test kali ini adalah tindakan preliminary. Rencananya PCR Swab Test ini akan dilakukan setiap dua minggu di site Sorik Marapi untuk memastikan kesehatan setiap personil. Hal ini juga dilakukan sebagai tahap pencegahan. Apabila ditemukan ada yang positif, maka akan langung terdeteksi sehingga penyebaran dapat dihindari,” jelas HSE Manager PT SMGP, Doni Masditok dalam keterangan Pers, Sabtu (10/10/2020).

Kata Doni, sejak awal pandemi berlangsung, PT SMGP telah melakukan berbagai upaya pencegahan; salah satu hal yang paling pertama dilakukan adalah membentuk Tim Gugus Tugas COVID-19 untuk perusahaan yang dikepalai oleh Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP yakni Eddiyanto.

Disamping itu, PT SMGP juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Madina, Dinas Kesehatan, dan berbagai pemangku kepentingan yang terkait dalam memantau perkembangan di lapangan.

Sebagai Proyek Objek Vital Nasional yang keberlangsungan-nya menyangkut dengan hajat hidup orang banyak, PT SMGP berkomitmen untuk terus menjaga kegiatan operasional di lapangan agar tetap berjalan seperti biasa, dengan protokol kesehatan dan keamanan yang ditingkatkan.

Seluruh personil diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan mengimplementasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“PT SMGP terus berkomitmen untuk memprioritaskan keselamatan dan keamanan kerja seluruh karyawan dan kontraktor yang berada di lokasi kerja kami. Mengadakan swab test ini hanya salah satu cara untuk memastikan area proyek kami tetap aman dan sehat,” tutup Eddiyanto, Kepala Teknik Panas Bumi Sorik Marapi dan Kepala Tim Gugus Tugas PT SMGP.

OMD-m1

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button