Madina

PT SMGP Bina Kelompok Tani Mekar Sari Desa Aek Marian

Panyabungan | okemedan. Perusahaan panas bumi PT Sorik Marapi Geotermal Power (SMGP) melakukan pemberdayaan community development atau pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya di Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi. PT SMGP melakukan pembinaan kelompok tani bernama Mekar Sari yang beranggotakan 15 orang. Kelompok tersebut mengerjakan lahan untuk komoditi bawang merah sebanyak 10 mulsa di lahan kurang lebih setengah hektar.

Ketua kelompok tani Mekar Sari, Faridah Lubis yang dikunjungi wartawan, Kamis (23/7/2020) menyampaikan terima kasih kepada perusahaan panas bumi tersebut yang telah memberdayakan masyarakat di bidang pertanian.

“Program ini sangat membantu kami secara ekonomi. Kami diberikan semua kebutuhan untuk mengerjakan lahan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan jajaran manajemen PT SMGP,” kata Faridah

Ia menyebut tanaman komoditi bawang diperkirakan akan panen dua bulan ke depan. Hasil panen nanti akan dimodalkan lagi untuk penanaman tahap kedua dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program tersebut.

Sementara Koordinator Community Development PT SMGP, Muhammad Al-Khotib Nasution menjelaskan program tersebut sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang berada wilayah kerja perusahaan.

“Ada 20 Desa yang sudah kita terapkan program pemberdayaan comdev di wilayah kerja perusahaan. Salah satunya Desa Aek Marian. Program dibuat sesuai potensi yang ada di desa masing-masing. Program yang dikembangkan di bidang pertanian dan peternakan,” terang Khotib

PT SMGP berharap program pemberdayaan masyarakat tersebut bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat Madina khususnya yang berada di wilayah kerja perusahaan, seperti Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Puncak Sorik Marapi, dan Kecamatan Panyabungan Selatan.

OMD-m1

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close