Madina

Jalan Lintas Provinsi Menuju Ulu Pungkut Madina Longsor, 8 Desa Terisolir

Panyabungan I okemedan. Jalan lintas provinsi menuju Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), sudah 2 hari tertimbun longsor berupa batu besar. Akibat bencana alam tersebut sebanyak 8 desa terisolir.

“Sudah dua hari material longsor belum juga bisa dibersihkan, kendaraan roda empat tidak bisa lewat,” ujar Sulhan Efendi tokoh pemuda Ulu Pungkut kepada wartawan, Minggu (6/9/2020).

Sulhan mengatakan dalam beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi, sehingga batu besar menutup badan jalan lintas provinsi itu.

“Sudah dua hari ini pihak UPT PU Provinsi Sumut Cabang Kotanopan bekerja membersihkan material longsor, namun masyarakat kecamatan Ulu Pungkut menilai penanganan putusnya jalan lintas provinsi terkesan lamban dan tidak produktif,” katanya.

Lokasi longsor. Ist

Lebih lanjut Sulhan menjelaskan hari ini adalah hari ke-2 akses jalan untuk memasuki 8 desa tidak bisa dilalui oleh kenderaan roda 4.

Seharusnya dinas PU dapat memaksimalkan penggunaan alat berat, Namun itu tidak dilakukan.

“Hari ini seperti yang kita lihat PU malah hanya menggunakan bor pemecah batuan,” ujarnya.

Sulhan juga mengatakan dengan alat seperti ini diyakini sampai besok akses jalan untuk roda 4 masih belum dapat dilalui.

Camat Ulu Pungkut Helmi SE mengatakan sudah melaporkan kejadian longsor ke pemerintah kabupaten dan masyarakat sudah mulai resah karena sudah 2 hari akses jalan lumpuh.

“Jalan ini memang wewenang provinsi, kita melihat alat yang dipergunakan tidak memadai, seharusnya pakai alat berat seperti Beko, jangan pemecahan batu seperti ini. Jadi harapan kita pihak PU Provinsi agar lebih serius, kalau hanya pakai alat seperti ini, beberapa hari ini belum tentu selesai,” ungkapnya.

OMD-m1

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button