OkeSumut

Di Tengah Pandemi Corona, Kepala UPTD Harus Jalankan Fungsi Supervisi.

Dt Tanah Datar– Kepala sekolah harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring).

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus saat melakukan kunjungan kerja di kegiatan kelompok kerja kepala sekolah ( K3S) bertempat di UPTD SD Negeri 04 Sei Muka Kecamatan Dt Tanah Datar Kabupaten Batubara, Kamis (14/5/2020).

Dia mengatakan kepala sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat disupervisi dan diberi solusi.

Untuk pengawas sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara dapat berinovasi agar tetap menjalankan pengawasan dan tujuan dari supervisinya dapat berjalan dengan baik meskipun tidak harus selalu bertatap muka.

Masih Menurut ilyas, Sebagaimana harapan Bupati Batubara, Ir H Zahir MAP bahwa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat selalu melakukan inovasi pendidikan sebagai upaya menghadapi pandemi covid-19, agar proses pendidikan tetap berjalan dengan baik.

“Peserta didik kita dapat efektif belajar di rumah, dan disisi lain antisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Batubara agar dapat berjalan efektif dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dari keluarga besar Disdik Batubara,” katanya.

Hingga kini belum dapat dipastikan setelah berakhirnya masa imbauan pemerintah termasuk Bupati Batubara nantinya tanggal 29 Mei 2020 apakah akan diperpanjang atau tidak.

“Namun Pemda, sekolah, dan pendidik harus siap dengan segala kemungkinan, dan selalu berinovasi mencari solusi disetiap permasalahan pendidikan, dengan harapan pandemi covid-19 ini segera berakhir dan mendapatkan hikmah dan pelajarannya,” pungkas Ncekli Safaan akrab Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus.

Ilyas juga berharap sekolah dan guru berperan aktif agar penghentian proses belajar tatap muka di sekolah terkait wabah corona tidak membuat siswa justru bermain ke luar. Ilyas meyakini, jika dijalankan dengan baik maka belajar dari rumah ini dapat mengurangi atau memutus matarantai penyebaran virus corona.

Lebih lanjut Ilyas menyampaikan sebagaimana kebijakan Mas Mendikbudri, Nadiem Makarim terkait pemanfaatan dana BOS bahwa  kepala UPTD sekolah diperkenankan menggunakan dana BOS sebagai kegiatan operasional guru dengan memberikan surat penugasan kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang dimampu guru melalui berbagai media online.

Hadir dalam kegiatan rutin K3S tersebut (baik di Kecamatan Dt Tanah Datar maupun di Kecamatan Talawi) adalah semua Kepala UPTD Sekolah dan Operator Sekolah dari masing-masing kedua Kecamatan tersebut yang bertempat di UPTD SD Negeri 04 Sei Muka Kecamatan Dt. Tanah Datar dan UPTD SD Negeri 04 Padang Genting Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara.

(nawan)

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button