OkeSumut

Buku AKBP Ikhwan Lubis Kapolres Pejuang Duafa Bercerita Inovasi Ketahanan Sosial

LIMAPULUH | okemedan. Buku dengan Judul AKBP Ikhwan Lubis, Kapolres Pejuang Duafa merupakan buku  yang menceritrakan sosok Polri sebagai seorang yang Power and Heard. Artinya sosok Polri itu adalah AKBP Ikhwan Lubis seorang Kapolres dalam bertugas disamping melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya sesuai Undang Undang No. 2 Tahun 2002 juga berinovasi membangun Rumah Singgah Sahabat Polisi dan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) telah mampu membuat Ketahanan Sosial dan menurunnya angka kriminalitas.

Hal tersebut disampaikan Dr. Perapat Gultom seorang ahli manajemen operasional dan Dosen Pascasarjana USU pada peluncuran dan Bedah Buku AKBP Ikhwan Lubis Kapolres Pejuang Duafa karya Drs. Syaiful Syafri, MM di hadapan Kepala BNN Batu Bara AKBP Zainuddin, Mewakili Bupati Sekda Sakti Alam Siregar, Kadis Perpustakaan dan Arsip Riyadi S.Pd, M.Pd, Bhayangkari, Karang Taruna, Pengurus KSJ dari 12 Kabupaten dan Kota, Para Pejabat Utama Polres Batu Bara,  Anggota DPRD Batubara ,Rabu 26/08 di Aula Mapolres Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh.

Lebih lanjut dijelaskan Dr. Perapat Gultom bahwa isi buku tidak sebatas bagaimana sosok Polri  setiap hari jumat bersedekah dengan mengunjungi kaum duafa dan anak yatim serta yatim piatu, tetapi menjelaskan bahwa AKBP Ikhwan Lubis dalam bekerja mengenal teritorial,  menerapkan sinergitas sebagai kekuatan, tangkas dalam memerangi pandemi Covid-19, mendukung pemerintah daerah, manajemen waktu yang baik, perhatian kepada keluarga besar polri, penggerak ketahanan sosial, dan membangun investasi sosial.

Sementara itu Syaiful Syafri selaku penulis menjelaskan bahwa ide penulisan buku ini dari Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dan memberi waktu 2 minggu untuk lockdown karena kesehatan. Waktu yang luang dijadikan pengumpulan bahan dari berbagai media dan konsultasi kepada Kabag Ops Kompol Rudi serta Kasat Intel Ferri untuk pengumpulan data disamping Kompol Sri Pinem.

Dari dokumen yang terhimpun ditemukan Inspirasi dari tokoh masyarakat Medan Utara Saharudin yang deklarasi beserta 300 relawan sosial mendirikan KSJ pada 16 Agustus 2019  melihat sosok Polri AKBP Ikhwan Lubis yang setiap jumat bersedekah ke kaum duafa , anak yatim dan mendirikan Rumah Singgah Sahabat Polisi.

Acara peluncuran buku yang diawali pemberian sedekah kepada kaum duafa dan anak yatim ini dihadiri Pembantu Rektor 1 Universitas Asahan Prof. Dr. Tri Harsono, Rektor STIE Nusa Bangsa Andi Syahputra SE, MM, Dr. Aswan Jaya Dosen Pascasarjana Universitas Dharma Agung, Dr. Moh. Yusri dan M. Arifin S.Pd M.Pd dari UMSU, Prof. Dr. Efendi Napitupulu Guru Besar Unimed yang didampingi Dr. Ikhwan Azhari dan Dr. Henny Ikhwan Dosen Pascasarjana, dr. Henri Jimmi Gultom, dan Wartawan dari berbagai media, para pengelola perpustakaan desa, Inalum dan Taman Bacaan Masyarakat.

Turut memberi kata sambutan diacara peluncuran buku Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP diwakili Sakti Alam Siregar SH, Ketua Umum KSJ Saharuddin dan Kompol Rudi selaku penyelenggara.

OM-Nawan

 

Berikan Komentar

Tags

Baca Juga

Back to top button
Close