Asahan

Status PDP Anggota DPRD Sumut Meningkat Jadi Positif Covid-19

Kisaran– Salah seorang warga Asahan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ES, warga Kecamatan Simpang Empat yang diketahui bertugas sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dinyatakan positif terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19) beserta istrinya.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Asahan, Selasa (14/4/2020).

“Kami sampaikan bahwa Es dan istrinya dinyatakan positif Covid 19. Hal itu berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang memberitahukan keduanya positif terjangkit Covid-19 dan karena hal tersebut maka data warga yang positif Covid-19 mengalami perubahan,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, sebelumnya di Kabupaten Asahan ada 4 orang dengan status PDP. Keempat orang tersebut telah menjalani uji klinis Swab di Rumah Sakit Martha Friska Medan.

Dari keempat orang tersebut, hasil Swab ES dan istrinya telah keluar dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Sedangkan 2 orang lagi yang berstatus PDP telah menjalani uji Swab tetapi hasilnya belum keluar.

Namun, data tersebut sekarang berubah menjadi 2 orang berstatus PDP yaitu ML dan istrinya. Sedangkan yang berstatus positif Covid-19 menjadi 3 orang yaitu ES dan istri serta SBB yang telah meninggal dunia.

“Dengan naiknya status PDP, ES dan istri menjadi positif Covid-19, Pemkab Asahan belum mengubah atau menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat,” tukas Rahmat.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, ES dan istrinya serta 2 pasien PDP lainnya yakni ML dan istrinya, saat ini masih berada di RS Martha Friska guna menjalani proses pengobatan.

Dia juga menyampaikan sebanyak 34 orang warga Asahan yang sempat kontak dengan ES dan istrinya, semuanya telah menjalani Rapid Test dan dinyatakan negatif dari Covid-19.

“Begitu juga 46 warga Asahan yang sempat kontak fisik dengan almarhum SBB, semuanya juga telah menjalani Rapid Test dan dinyatakan negatif Covid-19”, jelas Rahmat.

Masih menurut Rahmat, hasil positif Covid-19, ES dan istrinya, juga telah dikonfirmasi ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Sumatera Utara. Dan hal itu dibenarkan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provsu dr Aris Yudhariansyah.

(THS)

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button