Asahan

Bupati Asahan Apresiasi Kunjungan Silaturahmi Kapolda Sumut

Kisaran | okemedan. Forkopimda Kabupaten Asahan menyambut kunjungan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi beserta Pejabat Utama Polda Sumut ke Kabupaten Asahan , Jumat (4/9/2020).

Kunjungan tersebut sebagai upaya mendukung ketahanan pangan pada masa Covid-19 saat ini di wilayah Hukum Polda Sumut sekaligus sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran wabah covid-19.

Mengawali rangkaian kegiatannya di Kabupaten Asahan, Kapolda Sumut melakukan kunjungan ke Mapolres Asahan.

Bupati Asahan H Surya BSc

Dalam lawatan ke Mapolres Asahan, Kapolda Sumut lakukan pertemuan dengan Forkopimda dan Pejabat di lingkungan Polres Asahan membahas kondisi kamtibmas yang ada di Kabupaten Asahan.

Kapolda beserta rombongan mengunjungi Kampung Paten yang terletak di Desa Bunut Sebrang Kecamatan Pulo Bandring dan memberikan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Pulo bandring berupa 1 ton beras, 50 paket alat semprot dan 1 ton pupuk kompos kepada kelompok pedagang bunga, 1/2 ton pakan ternak kepada kelompok ternak serta 100 bibit pisang barangan merah kepada kelompok tani.

Selanjutnya di hari yang sama Kapolda Sumut juga mengunjungi Mapolsek Kota Kisaran untuk menaburkan bibit ikan lele dan memanen 11 ribu ikan lele.

Atas kunjungan Kapolda Sumut ke Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H Surya, BSc mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada Kapolda Sumatera Utara beserta jajaran.

“Atas nama Pemkab Asahan, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Kapolda. Menjadi suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Kabupaten Asahan, Bapak Kapolda mendukung Kabupaten Asahan dalam ketahanan pangan di masa covid-19 dan ikut serta dalam sosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk memakai masker setiap melakukan kegiatan,” ujar Bupati Asahan.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan, di masa siaga Covid-19 saat ini, unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dan masyarakat secara bersama-sama telah berupaya melakukan hal-hal pencegahan untuk tidak menyebarnya wabah covid-19 di Kabupaten Asahan.

“Forkopimda bersama masyarakat telah lakukan berbagai langkah seperti penyemprotan disinfektan, himbauan untuk memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjauhi lokasi yang menjadi pusat keramaian dan mengecek kondisi kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan untuk cegah penyebaran Covid-19 di daerah ini,” jelas Bupati.

Bupati Asahan H Surya BSc berdialog dengan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.

Bupati juga menyampaikan pemerintah Kabupaten Asahan saat ini akan menyerahkan bantuan hibah kapal patroli kepada Polres Asahan khususnya Satuan Polisi Air yang nantinya akan dibentuk oleh Polres Asahan.

“Kita berharap dengan adanya kapal patroli tersebut dapat bermanfaat dan digunakan untuk mendukung program kerja Polres Asahan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang lebih baik lagi,” harap Bupati.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto juga melaporkan kepada Kapolda Sumut bahwa Polres Asahan juga telah melakukan inovasi untuk mendukung ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Asahan, salah satunya melalui budidaya ikan air tawar dan budidaya pisang barangan merah yang ditempatkan di Polsek Kota Kisaran.

“Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan motivasi di kalangan internal Polres Asahan maupun masyarakat Kabupaten Asahan untuk gemar dalam membudidayakan ikan dan bercocok tanam, karena selain mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, hasil yang didapat dari kegiatan tersebut juga dapat menambah penghasilan keluarga,” kata Kapolres Asahan.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Asahan beserta masyarakat Kabupaten Asahan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memakaikan masker kepada seorang warga.

Kapolda mengatakan kedatangan kali ini juga sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar mengikuti himbauan dari Pemerintah serta menerapkan protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara khususnya di kabupaten Asahan dapat kita minimalisir,” harap Kapolda.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan, TNI-Polri dan Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melindungi rakyat. Oleh karena itu, Kapolda mengajak seluruh stakeholder yang ada untuk saling bersinergi menjaga masyarakat di wilayahnya dari krisis kesehatan dan perekonomian, yang salah satunya melalui upaya peningkatkan ketahanan pangan di wilayah masing-masing.

Kapoldasu berpesan kepada seluruh jajaran TNI-Polri di Kabupaten Asahan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan sebentar lagi agar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

OMD-ths

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button