OkeStyle

Film Joker Segera Tayang di Layar Kaca

Jakarta | okemedan. Joker, film nominasi Oscar 2020 yang merupakan film psychological thriller diperankan Joaquin Phoenix ini pertama kali tayang pada 31 Agustus 2019 di Venice International Film Festival dan akan tayang pada 19 September pukul 20.00 WIB di HBO GO dan HBO.

Kala itu, Joker mendapat apresiasi besar setelah pemutaran perdana. Penonton memberikan ‘standing ovation’ (tepuk tangan sambil berdiri) selama delapan menit kepada film besutan sutradara Todd Phillips tersebut.

Dua pemutaran khusus media pun turut memberikan apresiasi besar lewat sorak-sorai dan tepuk tangan ketika nama Phoenix muncul di credit penutup.

Tak hanya itu, sebelum resmi tayang di bioskop, Joker sudah mendapat apresiasi dari kritikus film.

Kritikus dari Variety, Owen Gleiberman, menilai Joker berhasil mengisahkan asal usul Joker seperti belum pernah diceritakan sebelumnya. Padahal sebelumnya karakter Joker sudah diceritakan beberapa kali lewat berbagai film Batman.

Kemudian Brandon Davis menilai bahwa Joker tidak seperti film pahlawan super kebanyakan dan merupakan karya yang luar biasa. Film ini terasa gelap, menegangkan dan mengerikan.

Dikutip dari CNNIndonesia, sutradara Todd Phillips sempat menyatakan Joker memang bukan untuk semua umur. Film ini pun diberi rating R yang berarti ‘restricted’ adalah rating tertinggi kedua dari The Motion Picture Association of America (MPAA).

Film ini diselimuti kontroversi atas kekerasan yang digambarkan dalam film tersebut, dengan penegakan hukum memperketat keamanan di bioskop-bioskop tertentu untuk mencegah segala jenis serangan.

Cerita Joker sendiri menyoroti cerita dari Arthur Fleck, seorang komedian yang gagal dan kemudian menjadi gila. ‘Kegilaan’ itu mengubahnya jadi seorang dalang kriminal mengerikan di kota Gotham. Sinopsis lengkap film Joker bisa dibaca di sini.

Dalam Venice International Film Festival 2019, Joker memenangkan piala Golden Lion untuk kategori film terbaik. Hal tersebut membuat Joker menjadi salah satu yang diunggulkan untuk membawa pulang piala Oscar 2020.

Meski masuk daftar nominasi, piala Oscar 2020 untuk kategori film terbaik jatuh kepada Parasite.

Namun, Joaquin Phoenix berhasil membawa pulang piala Aktor Terbaik Oscar 2020. Joker juga mendapatkan piala Best Scoring dalam ajang penghargaan tahunan tersebut.

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button