OkeBudaya

Kepala TBSU: Para Seniman Merupakan Nyawa Taman Budaya

Medan | okemedan – Para seniman merupakan nyawa taman budaya yang memiliki peran sebagai fasilitator dan dinamisator di bidang pembinaan, pengembangan dan pemajuan kebudayaan.

Demikian dikatakan Kepala Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Rachmat Hadi Saputra Harahap, SE, dalam pertemuan dengan sejumlah seniman, Jumat (19/6/2020).

“Taman budaya ini tidak akan hidup kalau para seniman tidak mendukung. Kalau para seniman tidak berkarya, apa artinya taman budaya? Saya tahu nyawanya taman budaya itu, ya seniman. Para seniman inilah nyawanya taman budaya,” papar Rachmat dalam pertemuan yang digelar di TBSU, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33 Medan.

Namun, lanjut Rachmat, ada hal yang membuatnya sedih saat dirinya mulai menjalani tugas sebagai Kepala TBSU yang baru pada kitaran awal Juni 2020.

“Dan yang saya sedihkan itu, ketika saya masuk ke taman budaya ini, saya mencari tahu, saya mendengar ternyata luar biasa sumber daya di taman budaya ini. Banyak seniman-seniman andal, bahkan sudah ternama sampai di Pulau Jawa, tapi taman budaya kita hanya seperti ini,” imbuhnya.

Seharusnya, kata dia, dengan sumber daya yang ada saat ini kalau dilakukan kolaborasi antara pihaknya dengan para seniman, diyakininya keberadaan TBSU sebagai unit pelaksana teknis dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut akan sangat luar biasa.

Menurut Rachmat, karena itulah dia punya keinginan, mungkin di tahun depan TBSU punya satu konsep, satu kegiatan tentang budaya Sumatera Utara yang bisa dikemas dengan baik sampai ke level internasional sebagai hasil kolaborasi pihaknya dengan para seniman.

Pada pertemuan yang digelar dengan jumlah terbatas dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19 itu, Rachmat juga mengatakan pihaknya sangat berharap adanya masukan dari para seniman terkait penyiapan program kegiatan TBSU ke depan.

Kepala TBSU, Rachmat Hadi Saputra, dalam pertemuan itu didampingi Kepala TU Terbit Tarigan, Kasi Pergelaran Syamsul Tajri, Kasi Sarana dan Prasarana Aswin Ginting, sejumlah pegawai TBSU di antaranya Rubino, Mateus Suwarsono, dan Hendri Peranginangin. Sedangkan para seniman yang hadir Porman Wilson Manalu, Yondik Tanto, Dilinar Nasution, Darma Lubis, Irfansyah, Adel, Yono dari Komunitas JeDe, dan Baharuddin Saputra yang juga Ketua DKSU.

(ys rat)

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button