OkeBudaya

Akhyar: Bekas Lahan TBSU Tetap Tempat Kesenian dan Kebudayaan

Medan | okemedan – Bekas lahan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33 Medan akan tetap dijadikan sebagai tempat pengembangan kesenian dan kebudayaan.

Demikian ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi.
“Bila Pemprovsu menyerahkan lahan itu kepada Pemko Medan, kita segera melakukan pembenahan berbagai fasilitas di sana sehingga aktivitas kesenian dan kebudayaan bisa tetap berjalan baik di lokasi tersebut,” ujar Akhyar di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (2/7/2020).

Penegasan Akhyar itu mematahkan anggapan yang pernah merebak bahwa lahan eks UPT TBSU itu tidak akan dijadikan ruang aktivitas kesenian dan kebudayaan lagi, setelah Pemprovsu merealisasikan pemindahan TBSU yang merupakan UPT dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut ke lokasi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Jalan Gatot Subroto Medan.

Dalam kesempatan itu Akhyar juga menegaskan, Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumut sudah semestinya memiliki sarana dan prasarana kesenian dan kebudayaan yang representatif yang sekaligus menjadi simbol peradaban di Kota Medan.

“Di tempat itu akan ada berbagai fasilitas baik gedung pertunjukan maupun ruang pertemuan atau diskusi yang akan melahirkan pemikiran di bidang kesenian dan kebudayan. Nilai duitnya memang tidak ada, tetapi nilai pembangunan mentalitas dan karakternya sangat tinggi. Ini merupakan investasi budaya, pendidikan dan masa depan,” papar Akhyar.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemko Medan merasa penting adanya ruang pengembangan kesenian dan kebudayaan karena produk seni dan budaya yang bernilai bisa menjadi inspirasi sekaligus energi penggerak bagi munculnya loncatan-loncatan kemajuan, serta pemersatu dan pendorong peradaban kota.

Sebagai tambahan informasi, lahan di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33 Medan itu, yang selama ini digunakan untuk tempat perkantoran dan gedung pertunjukan UPT TBSU merupakan aset Pemko Medan. Kini Pemprov Sumut mulai memperlihatkan langkah konkret untuk memindahkan TBSU ke lokasi PRSU. Sehubungan itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, telah melakukan peninjauan lokasi tersebut, Jumat (26/6).

“Pemprov Sumut berencana akan memindahkan UPT Taman Budaya Sumatera Utara yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan ke Pekan Raya Sumatera Utara. Tempatnya lebih baik, lebih luas dan lebih representatif untuk menampung karya dari para pegiat seni di Sumut,” ujar Musa Rajekshah saat meninjau lokasi PRSU.

(ys rat)

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button