OkeSport

PSG Juara Piala Prancis

Serie A: AC Milan Tahan Atalanta

Jakarta | okemedan. Dua pertandingan seru berlangsung pada Sabtu 25 Juli 2020, dini hari WIB tadi. Masing-masing adalah partai final Piala Prancis: Coupe de France dan lanjutan laga pekan ke-36 Serie A. Italia.

Di pertandingan final Coupe de France, tersaji pertarungan sengit antara Paris Saint-Germain melawan Saint-Etienne. Dalam duel yang digelar di Stade de France itu, PSG menang tipis dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan PSG diciptakan oleh Neymar pada menit 14. Laga ini sempat diwarnai keributan antar pemain setelah Loic Perrin melakukan tekel horor terhadap Kylian Mbappe yang memicu kemarahan pemain PSG.

Pertandingan PSG – Saint-Etienne disaksikan langsung segelintir penonton di tribun yang menerapkan protokol jaga jarak demi mencegah COVID-19.

Kedua tim langsung bermain terbuka sejak pluit pertandingan dimulai. Denis Bouanga nyaris membuat Saint-Etienne memimpin lewat tendangan jarak dekatnya di menit kelima, tetapi bola masih membentur tiang gawang dan belum mampu menjebol gawang PSG.

Gol! PSG membuka keunggulan di menit ke-14. Neymar mencatatkan namanya di papan skor.

Striker asal Brasil itu sukses memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Kylian Mbappe yang ditepis kiper Jessy Moulin menjadi gol. PSG unggul 1-0.

Jawara Ligue 1 tersebut nyaris menambah keunggulan pada menit ke-24. Angel Di Maria menerima umpan lambung Leandro Paredes dan melepaskan tembakan di kotak penalti, tetapi bola bisa ditepis Moulin dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pertandingan sempat diwarnai kericuhan usai Mbappe ditekel Loic Perrin di menit ke-26. Beberapa penggawa PSG yang tidak terima berupaya menyerang kapten Saint-Etienne itu dan terlibat dorong-dorongan dengan pemain lawan.

Wasit kemudian memberikan kartu merah kepada Perrin setelah meninjau ulang pelanggaran kepada Mbappe via tayangan Video Asisstant Referee (VAR). Alhasil, Saint-Etienne harus bermain dengan 10 pemain.

PSG mencoba mencetak gol tambahan dengan keunggulan jumlah pemain. Namun hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan.

Selepas turun minum, PSG tidak mengendurkan serangannya. Pablo Sarabia mendapat kans emas lewat bola sepakan jarak dekatnya di menit ke-72. Upayanya masih bisa digagalkan Moulin.

10 menit menjelang waktu normal, Saint-Etienne menggempur lini belakang PSG demi mengejar ketertinggalan. Upaya mereka gagal membuahkan hasil hingga wasit meniup pluit akhir pertandingan.

Laga tuntas dengan kemenangan PSG 1-0. Klub asal Paris itu menjadi juara Piala Prancis untuk ke-13 kalinya sepanjang sejarah klub.

Serie A

Beralih ke Serie A, Atalanta gagal menipiskan jarak poin dengan pimpinan klasemen sementara Juventus setelah ditahan AC Milan.

Dalam pertandingan yang dihelat di San Siro, Atalanta harus puas bermain imbang dengan 1-1 melawan tuan rumah. Atalanta kebobolan terlebih dahulu lewat gol Hakan Calhanoglu sebelum Duvan Zapata membalasnya. Kedua tim saling menyerang sejak menit-menit awal pertandingan.

Milan lebih dulu mencetak gol di menit ke-14. Gol Rossoneri dicetak dari situasi bola mati usai Ante Rebic dilanggar Rafael Toloi.

Hakan Calhanoglu yang menendang tendangan bebas langsung menembak bola ke arah gawang yang merobek jala Atalanta, tanpa bisa diselamatkan kiper Pierluigi Golinni. Skor 1-0 untuk Milan.

Usai kebobolan, Atalanta mendapat kans menyamakan kedudukan di menit ke-24. Ruslan Malinovsky dilanggar Lucas Biglia di kotak terlarang dan wasit memberikan hadiah penalti buat La Dea.

Malinovsky maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas Atalanta. Dia menendang bola ke arah tengah, tetapi bola bisa diselamatkan Gianluigi Donnarumma. Tim tamu gagal menyamakan kedudukan.

Atalanta baru bisa mencetak gol penyeimbang di menit ke-34. Duvan Zupata yang mencatatkan namanya di papan skor.

Striker Atalanta itu mampu menyontek bola tendangan Remo Freuler, yang membentur Matteo Gabbia, ke dalam gawang Milan. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Dua menit berselang, Atalanta hampir membalikkan kedudukan. Zapata melepaskan tembakan ke arah gawang Milan, tetapi upayanya masih bisa dihalau Donnarumma.

Tidak ada gol tambahan hingga memasuki turun minum. Babak pertama ditutup dengan kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua, baik Milan dan Atalanta terus melancarkan serangan ke pertahanan lawan. La Dea mengancam di menit ke-52 via usaha Marten de Roon, tetapi bola masih membentur kaki pemain Rossoneri dan hanya berbuah tendangan sudut.

Tim tuan rumah mendapat peluang di menit ke-74 melalui sundulan Giacomo Bonaventura usai memanfaatkan umpan Rafael Leao. Bola masih membentur tiang gawang Atalanta.

Atalanta balik mengancam satu menit sebelum waktu normal berakhir. Luis Muriel melepaskan tembakan ke arah gawang Milan, tetap bola gagal merobek jala Donnarumma.

Kedua tim tetap tak mampu mencetak gol tambahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan tuntas dengan skor imbang 1-1.

Dengan hasil ini, Atalanta gagal memperkecil jarak dengan Juventus di papan klasemen Liga Italia. La Dea kini mengoleksi 75 poin, atau tertinggal lima angka dari Bianconeri di posisi puncak.

Sementara itu, Milan gagal menggeser AS Roma di tempat kelima. Zlatan Ibrahimovic dkk masih tertahan di posisi keenam dengan 60 poin, tertinggal satu angka saja dari Serigala Ibu Kota.

Berikut hasil lengkap pertandingan dini hari tadi:

Coupe de France
Paris Saint-Germain 1-0 Saint Etienne

Serie A
AC Milan 1-1 Atalanta

OM-nta/vivanews/detiksport

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close