OkeSehat

Wanita 68 Tahun Lahirkan Bayi Kembar

Lagos – Seorang wanita Nigeria berusia 68 tahun telah menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya setelah melahirkan sepasang kembar minggu lalu. Margarett Adenuga melahirkan anak laki-laki dan perempuan kembar di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Lagos pada 14 April. Suaminya yang berusia 70 tahun, Noah, mengatakan kepada BBC bahwa pasangan itu telah berusaha memiliki anak selama 43 tahun, dan sekarang menjadi orangtua setelah prosedur IVF yang berhasil.

Namun, sementara orang tua baru gembira menyambut si kembar yang telah mereka tunggu-tunggu, mereka juga dikecam. Adenuga mengatakan dia telah dikirimi pesan oleh sekelompok dokter kandungan untuk kesuburan yang mengatakan dia dan istrinya membuat keputusan sembrono untuk menggunakan IVF. Namun Adenuga mengatakan itu adalah keputusan pribadi dan bukan urusan dokter. Dr Adeyemi Okunowo, dokter yang merawat di rumah sakit, mengatakan kelahiran itu adalah “keajaiban” tetapi juga bahwa pasangan itu telah mengambil risiko besar.

Adeyemi Okunowo, yang melahirkan bayi-bayi itu, mengatakan kepada CNN bahwa tim spesialis telah berkumpul di rumah sakit untuk memantau kehamilan karena usianya. “Sebagai seorang wanita tua dan seorang ibu pertama kali, itu adalah kehamilan yang berisiko tinggi dan juga karena dia akan memiliki anak kembar, tetapi kami dapat mengatur kehamilannya hingga cukup bulan,” kata Okunowo kepada CNN.

Pasangan ini sebelumnya memiliki tiga kali upaya melalui IVF namun gagal, termasuk di Inggris. Bayi-bayi itu dilahirkan melalui bedah caesar elektif dua minggu sebelum waktunya.

Kelahiran kembar dan multipel lebih mungkin terjadi dengan prosedur IVF karena banyak embrio biasanya digunakan untuk meningkatkan keberhasilan prosedur, tetapi kemungkinan kembar kecil berdasarkan usia ibu.

Tahun lalu, seorang wanita India melahirkan anak kembar pada usia 73 tahun dan dilaporkan menjadi orang tertua yang melahirkan pada usia itu.

 

Sumber:news.com.au, cnn

 

Berikan Komentar

Tags
Back to top button
Close