OkeSehat

Terinfeksi Corona, dr Michael Sebelum Meninggal Rawat Pasien Meski Dadanya Sesak

Jakarta – Dokter Michael Robert Marampe meninggal setelah terinfeksi COVID-19. Rupanya, sebelum meninggal, dokter asal Sulawesi Utara ini pernah mengeluh sakit.

Hal ini Michael ungkapkan pada calon istrinya, Tri Novia Septiani. Ia mengaku bagian paru-parunya terasa sesak.

“Waktu itu dia sempat bilang sama saya, ‘Di paru sebelah kananku kenapa ya kayak sakit, kayak dirobek, ditarik tarik gitu’,” tutur Novia di acara Brownis Trans TV, dikutip dari YouTube Trans TV Official, Jumat (1/5/2020).

Novia pun menyarankan calon suaminya tersebut untuk melakukan pemeriksaan. Hanya saja, kala itu Michael merasa dirinya mungkin hanya kelelahan karena menangani banyak pasien.

“Kamu enggak mau cek, saya bilang. Cuma karena memang dia merasa masih oke, mungkin kacapekan, oh ya oke,” kata Novia.

Setelah itu, Michael juga sempat bercerita bahwa ia menangani salah satu pasiennya yang ternyata positif COVID-19. Dia pun mulai curiga bahwa dia tertular.

“Saya udah bilang, ‘Kalau kamu merasa sakit kamu izin, kamu istirahat dulu’. Terus dia bilang, ‘Enggak apa-apa, nanti kalau aku enggak datang ke sana, nanti siapa yang merawat pasienku’,” ujar Novia menirukan perkataan Michael kala itu.

Novia awalnya bersikeras ingin Michael untuk istirahat. Yang dia khawatirkan adalah jika Michael sakit, bagaimana cara nantinya dia akan merawat pasien. Tapi di sisi lain, Michael juga mengatakan bahwa itu risiko menjadi dokter, yang bertanggung jawab atas keselamatan pasien.

“(kata Michael) Itu risiko aku sebagai dokter sayang, kamu kan tahu. Saya cuma bisa support dia, selalu mengingatkan dia, hati-hati,” tukasnya.

Namun takdir berkata lain, dokter Michael menghembuskan napas terakhirnya akibat terinfeksi Corona. Ia meninggal pada 25 April 2020 di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sebelum meninggal, Michael dan Novia sebenarnya berencana menikah pada 11 April lalu. Namun, pernikahan mereka ditunda hingga September depan. Hanya saja, sebelum tiba di tanggal pernikahan, Michael telah berpulang.

 

Sumber: haibunda.com

Berikan Komentar

Back to top button