OkePolitik

Ustad Tagor Muda Lubis Tekankan 4 Hal Sebelum Memberikan Amanah

MEDAN I okemedan. Calon Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution yang juga anggota Muhammadiyah dari Kampung Dadap, menghadiri pengajian umum di Masjid Taqwa Muhammadiyah Ranting Jati Tiga yang dilaksanakan Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasar Merah Daerah Kota Medan, Minggu (11/10/2020).

Pada pengajian ini, Ustad Tagor Muda Lubis menyampaikan tentang kajian dakwah. Di mana, Ustad Tagor yang juga Ketua PD Muhammadiyah Kota Medan ini menyampaikan, dakwah merupakan kewajiban oleh seluruh umat muslim.

“Unsur pertama dakwah itu da’i. Siapa da’i itu? kita semua. Saya, ibu, bapak, Pak Akhyar, merupakan da’i. Maka ada 4 sifat yang harus muncul dari seorang da’i,” ujar Ustad Tagor.

“Yang pertama siddiq atau jujur, kemudian amanah atau orang yang dapat dipercaya, tabligh mampu menyampaikan kepada orang lain, sedangkan yang keempat adalah fathonah atau cerdas,” timpalnya.

Di sisi lain, Ustad Tagor menukil Yusuf Al-Qaradhawi mengenai 4 hal yang harus dilakukan sebelum memberikan amanah kepada seseorang. Antara lain dengan mengenali orangnya.

“Kemudian setelah mengenal, pahami. Betapa suntuknya seorang dosen, ketika ada seorang siswa yang datang terlambat, terus duduk di belakang, tidur, lalu ngorok. Tapi setelah kita tanya kenapa dan dia bilang karena menjaga ibunya sakit dan tidak tidur dalam semalaman, maka itu kita jadi paham. Makanya, setelah kita kenal orangnya, kita juga harus pahami,” tandasnya.

Setelah mengetahui 2 hal ini, imbuh Ustad Tagor, maka langkah selanjutnya adalah membantu serta informasikan kepada orang-orang.

Pada kajian ini, hadir juga Ketua Muhammadiyah Cabang Pasar Merah, HM Eli Sarumaha, pimpinan cabang dan ranting Aisyiyah, dan juga Pemuda Muhammadiyah.

OM-zan

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button