Polres Simalungun Amankan Penista Nabi Muhammad

oleh -211 kali dibaca

Medan – Gernal Lundu Nainggolan diamankan personel Polres Simalungun karena diduga melakukan penistaan terhadap Nabi Muhammad SAW melalui akun facebook miliknya.

Postingan tersangka sebelumnya sempat ramai dibicarakan warganet di facebook hingga mendapat reaksi keras dari tokoh agama dan masyarakat Islam di Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Informasi diperoleh, dalam akun miliknya, tersangka dengan kata-kata kasar melontarkan hinaan dan menjelek-jelekkan Nabi Muhammad SAW. Tersangka juga turut menghina Habib Bahar bin Smith dalam postingan lainnya.

Pasca menimbulkan reaksi dari tokoh agama dan masyarakat Islam, personel Polres Simalungun langsung bertindak melakukan mediasi atas masalah tersebut.

Mediasi itu turut dihadiri Muspika Kecamatan Bandar, Kepala KUA Kecamatan Bandar, anggota DPRD Simalungun serta tokoh pemuda dan ormas Islam di Kecamatan Bandar, menyepakati, persoalan penistaan ini tetap diambil melalui jalur hukum.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pihak kepolisian telah memproses dan melakukan mediasi. Laporan kasus itu sudah diterima dan tersangka Gernal Lundu Nainggolan sudah dibawa dan diamankan ke Polres Simalungun.

“Petugas masih melakukan pemeriksaan atas laporan dugaan penistaan agama yang dilakukan di media sosial. Kami berharap kepada masyarakat lebih pintar lagi dalam menggunakan media sosial,” imbaunya kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Tatan meminta untuk tidak menjadikan media sosial sebagai boomerang bagi diri sendiri. Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Mari kita bersama menjaga situasi Kamtibmas menjelang idul fitri 1441H,” pungkasnya.

(diaz)

Berikan Komentar