Kemenag, MUI dan FKUB Sumut Tandatangani Imbauan Bersama

oleh -356 kali dibaca
Kepala Kanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami SH MAP, Ketua MUI Sumut Prof Dr Abdulllah Syah MA dan Ketua FKUB Sumut diwakili Sekretaris FKUB DR Erick Barus menandatangani imbauan bersama Menciptakan Suasana Damai Pemilu 2019-2023, di Lapangan Olahraga Kanwil Kemenag Sumut, Senin (18/3/2019). OkeMedan/ZAN

OkeMedan – Medan. Kanwil Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Umat Bersama (FKUB) Provinsi Sumatera Utara menandatangani Imbauan Bersama dalam rangka Menciptakan Suasana Damai Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, di Lapangan Olahraga Kanwil Kemenag Sumut, Senin (18/3/2019).

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami SH MAP, Ketua MUI Sumut Prof Dr Abdulllah Syah MA dan Ketua FKUB Sumut diwakili Sekretaris FKUB DR Erick Barus.

Kakanwil Kemenag Sumut H. Iwan Zulhami, SH, MAP dalam sambutannya mengatakan, pesta demokrasi yang dilaksanakan untuk pemilihan calon legislatif maupun pemilihan calon presiden dan wakil presiden rentan menimbulkan gesekan dan pertikaian antara masyarakat karena perbedaan pilihan. Oleh karenanya penandatangan imbauan bersama ini dilaksanakan sebagai upaya agar kita terhindar dari perbuatan yang tidak produktif dan dapat memecah belah bangsa.

Iwan Zulhami mengharapkan masyarakat Sumatera Utara dapat menjaga suasana damai dan kondusif menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2019, mengingat Sumatera Utara dikenal sebagai salah satu barometer nasional dalam hal kerukunan dengan kearifan lokan yang sangat luar biasa.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenag Sumut juga mengimbau untuk tidak menggunakan rumah ibaah sebagai sarana politik praktis, penyebaran berita hoax dan melakukan ujaran kebencian, karena rumah ibadah adalah tempat suci dan zona nyaman serta memiliki independensi yang kuat sebagai tempat umat mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu Ketua MUI Sumut Prof.DR. Abdullah Syah, MA mengimbau masyarakat Sumatera Utara untuk menjaga kondusifitas jelang pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 agar berlangsung dengan aman dan damai dan menghasilkan pemimpin terbaik.

“Jangan sampai karena pemilu kita jadi bermusuhan, ikutilah pemilu dengan tertib dan damai, jangan sampai ada gesekan dan kekerasan, agar kita bisa menjadi contoh teladan bagi daerah lain,” ungkapnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Majelis-Majelis Agama Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Polda Sumut, Pangdam I Bukit Barisan, pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut, Kakankemenag, MUI dan FKUB Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

OM- Nawan

Berikan Komentar