Kabar Baik, Jumlah Pasien Sembuh Corona Bertambah 18 Orang di Sumut

oleh -252 kali dibaca
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan memberikan keterangan pers melalui video conference di Media Centre GTPP Covid-19, Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (25/6/2020). Ist

Medan | okemedan – Kabar baik datang dari penanganan pasien Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut). Jumlah pasien positif yang dinyatakan sembuh terus bertambah 18 orang pada Kamis (25/6/2020), sehingga keseluruhan berjumlah 291 orang.

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi melalui Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam keterangan pers secara live streaming, di Media Center, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (25/6/2020).

“Hampir setiap hari ada saudara-saudara kita penderita Covid-19 yang sembuh. Alhamdulillah, hari ini 18 orang penderita Covid-19 di Sumut yang dirawat di rumah sakit rujukan berhasil disembuhkan. Jumlah ini merupakan rekor tertinggi penambahan jumlah pasien sembuh,” kata Whiko.

Whiko menjelaskan, bahwa penderita Covid-19 dinyatakan sembuh bila sudah tidak ada gejala klinis dan hasil pemeriksaan swab PCR ulang sebanyak 2 kali berturut-turut didapatkan hasil negatif. Harapannya dalam beberapa hari ke depan, penderita Covid-19 yang sembuh di Sumut akan semakin meningkat.

“Sedangkan bagi kita yang belum terpapar Covid-19, perlu diingatkan bahwa saat ini vaksin belum diproduksi secara massal. Untuk itu penting menerapkan protokol kesehatan,” tambah Whiko.

Whiko menjelaskan cara memutus rantai penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak 1-2 meter, cuci tangan dengan sabun dan air serta hindari kerumunan orang banyak.

“Sekali saja kita terindikasi Covid-19, maka kita wajib untuk melakukan isolasi diri, baik mandiri, di balai karantina ataupun di rumah sakit,” terangnya.

Kemudian Whiko menjabarkan orang-orang yang melaksanakan isolasi antara lain penderita Covid-19 terkonfirmasi dari hasil swab PCR, orang dengan gejala klinis Covid-19 baik ringan maupun berat (ODP, PDP), orang yang berkontak erat dengan penderita Covid-19 terkonfirmasi dan terakhir adalah orang dengan hasil Rapid Test Reaktif.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, hingga 26 Juni 2020 pukul 17.00 WIB, disebutkannya untuk pasien sembuh bertambah 18 menjadi 291 orang, pasien meninggal bertambah 3 menjadi 83 orang, kasus positif bertambah 69 menjadi 1.356 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 191 orang. Dari jumlah pasien yang sembut tersebut, 8 orang diantaranya adalah yang dirawat di RS Marta Friska, selebihnya dari RS GL Tobing dan RS rujukan lainnya.

(zan/ril)

Berikan Komentar