Gubernur DKI Anies Baswedan Potong Sendiri Hewan Qurban

oleh -52 kali dibaca
Gubernur DKI Anies Baswedan menyerahkan sapi qurbannya kepada panitia.foto net

OkeMedan-Jakarta 

Biasanya, pejabat di Indonesia hanya melaksanakan ibadah qurban. Hewan qurbannya disumbangkan ke masjid-masjid. Lalu, panitia menyiapkan petugas untuk disembelih. Namun tidak demikian halnya dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia memotong sendiri sapi qurbannya yang berjenis Limosin seberat 1,2 ton, di dekat mushola dekat kediamannya di Jalan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Bagi Anies ternyata menyembelih hewan qurban bukan baru kali ini. Anies mengaku memang terbiasa menyembelih hewan qurban sejak di bangku SMA.

“Saya pertama kali motong ketika saya di Yogyakarta pada masa SMA, itu kita banyak menyelenggarakan qurban di desa-desa miskin,” kata Anies di Jalan Lebak Bulus, Jakarta, Minggu 11 Agustus 2019 sebagaimana dilansir vivanews.com, hari ini.

Waktu itu  ia duduk di kelas dua SMA di Gunung Kidul. Setelah pengalaman pertamanya, ia selalu mengupayakan memotong sendiri qurbannya.

Begitu juga saat ia sudah kuliah. “Kalau kuliah rutin setiap Idul Adha, kambing dari keluarga kami, maka saya akan potong sendiri. Dulu ayah juga begitu, jadi saya terusin kebiasaan,” kata Anies.

Ia mengatakan, dengan meneruskan tradisi menyembelih kurban sendiri, tentu anak-anaknya akan melihatnya. Meski sekarang anak-anaknya belum belajar menyembelih hewan, tapi mereka akan menyaksikan.

“Seperti saya menyaksikan ayah saya dulu memotong kambing qurbannya sendiri. Sekarang saya pun yang saya potong qurban saya sendiri. Mudah-mudahan nanti Insya Allah anak-anak meneruskan tradisi itu,” kata Anies yang keturunan Arab dan ayahnya seorang ulama besar ini.

Masyarakat berbondong-bondong untuk menyaksikan Anies yang sedang menyembelih seekor sapi dan tiga kambing. Ketiga anak laki- lakinya yaitu Kaisar Hakam, Mikail Azizi, dan Ismail Hakim turut menemani Anies dalam kegiatannya memotong kurban.

Selain berkurban melalui mushala dekat kediamannya di Lebak Bulus, Anies juga berkurban di Masjid Fatahilah Balai Kota untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan di tempat kelahirannya di Yogyakarta.

“Selamat Idul Adha 1440 H. Hari ini kita sama-sama memperingati sebuah peristiwa saat Nabi Ibrahim Alaihissalam menerima perintah untuk mengorbankan anaknya, Ismail.⁣

Kita memperingati Hari Idul Adha bukan sekadar mengorbankan hewan kurban, tapi juga memastikan pesan keteladanan keluarga Nabi Ibrahim kita resapi, kita jalani. Selamat Idul Adha. Selamat berkurban. Selamat mengambil hikmahnya,” ujar Anies lewat akun Instagram resminya, Ahad.

Dalam proses pemotongan hewan qurban yang dilakukan Anies, warga merasa senang atas kehadiran sang gubernur.

“Bukan hanya senang, saya melihat langsung Pak Anies menyembelih itu merupakan momen yang tidak akan terlupakan,” ucap salah seorang warga, Agus Sadikin (26 tahun), kepada wartawan, Ahad (11/08/2019) kutip INI-Net.*

 

 

 

 

Berikan Komentar