OkeNasional

Sesi pertama Google for Media Dimulai

"Innovation in the newsroom"

Jakarta | okemedan. Google telah menjalankan beberapa program dan kemitraan selama beberapa tahun dengan perusahaan media di Indonesia. Kini, untuk pertama kalinya Google for Media hadir dalam rangkaian enam sesi webinar yang mencakup berbagai topik.

Google for Media akan menjelaskan bagaimana Google bekerja sama dengan lembaga-lembaga berita di Indonesia, dengan mengungkapkan berbagai produk, kemitraan, dan program yang ada di Google Untuk itu, sebagaimana siaran pers yang diterima okemedan.com, Selasa (28/7), Google for Media mengundang para partner media di Indonesia untuk menceritakan pengalaman dan pelajaran dari kerja sama mereka dengan Google. Di sesi webinar yang pertama, “Innovation in the newsroom menjadi tema yang dipilih.

Beberapa bulan terakhir, COVID-19 telah menimbulkan tekanan yang belum pernah dialami oleh industri berita selama ini. Semuanya terpengaruh, mulai dari pembuatan berita berkualitas hingga kelangsungan model bisnis yang ada.

Google telah berusaha sebaik mungkin untuk membantu industri berita di masa sulit ini dan mengadaptasikan dukungan mengikuti situasi. Acara hari ini adalah bagian dari kontribusi Google – yaitu untuk memberikan insight dan solusi bagi media di Indonesia tentang cara terbaik untuk menerapkan perubahan dan terus berkembang.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara lembaga-lembaga negara, dunia usaha, para wartawan dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Aptika Kementerian Kominfo RI dalam sambutannya.

“Kami juga mengembangkan sumber daya manusia sebagai prioritas utama bagi Pemerintah Indonesia dan kami menyambut baik inisiatif ini yang melibatkan media dari seluruh Indonesia yang sudah mengikuti beberapa program Google untuk mencari terobosan yang dapat mempercepat proses transformasi digital yang semakin penting untuk semua industri di Indonesia dan di seluruh dunia.”

Google sangat peduli untuk memastikan kesuksesan industri berita. Misi Google adalah membantu semua orang memahami dunia dengan menyediakan akses ke berita-berita yang berkualitas tinggi dari berbagai perspektif. Google ingin berusaha memastikan adanya ekosistem sumber berita lokal dan nasional yang independen dan sehat, yang mewakili berbagai perspektif. Seperti yang kita tahu, ekosistem berita yang sehat punya peran penting dalam mengedukasi dan menyediakan informasi bagi masyarakat, serta memperkuat demokrasi.

foto: Media Image

Google telah bekerja sama dengan media hampir sejak dari awal Google didirikan untuk menyediakan dukungan yang luas bagi masa depan jurnalisme, yaitu sejak meluncurkan Google Berita 18 tahun lalu, pada tahun 2002. Bentuk dukungan Google terus berevolusi. Di tahun 2018, semua inisiatif Google yang berhubungan dengan media dikonsolidasikan ke dalam satu wadah yaitu Google News Initiative. Sejak itu Google sudah menyediakan komitmen sebesar 300 juta dolar selama 3 ½ tahun untuk mendukung industri berita.

3 program menarik yang melibatkan beberapa tim di Google  bekerjasama secara dekat dengan penerbit-penerbit berita di Indonesia, baik yang besar dan yang kecil membahas dalam webinar perdana Google for Media: innovation in the newsroom. Masing-masing program itu bertujuan untuk mengatasi  tantangan unik, seperti bagaimana cara menghadirkan dan memastikan penerapan konsep-konsep inovatif di ruang redaksi,bagaimana cara untuk “go online” dan memonetisasikan konten online kalau belum pernah sama sekali serta bagaimana cara mengatasi masalah-masalah klasik yang ada di ruang redaksi melalui sudut pandang yang berbeda.

Sesi Google for Media ini berikutnya akan berlangsung pada 26 Agustus 2020, dengan tema: “YouTube and News.” Save the date!

OM-nanta

 

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close