OkeNasional

PKS Dukung Gelar Pahlawan Nasional Syekh Arsyad Thalib Lubis

MEDAN I okemedan. Dukungan terhadap usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada salah satu tokoh pendiri Al Jam’iyatul Washliyah, Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, terus mengalir dari berbagai elemen masyarat, termasuk partai politik (parpol).

Kali ini dukungan pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada ulama, pejuang, dan juga tokoh pendidikan di era awal kemerdekaan Indonesia di wilayah Sumatera Timur itu juga datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumut Dr H Haryanto Lc MA saat bersilaturahmi ke Kantor Pimpinan Wilayah (PW) Al Washliyah Sumut di Jalan SM Raja No 144, Medan, Sabtu (3/10/2020) sore.

Haryanto hadir bersama Sekretaris Umum DPW PKS Sumut H Ivantra Padang SS MA dan Ketua Bidang Pembinaan Umat DPW PKS Sumut Dr Ahmad Darwis.

Kedatangan mereka disambut Ketua PW Al Washliyah Sumut Dr H Dedi Iskandar Batubara SSos SH didampingi Wakil Sekretaris Gusliadi Ritonga dan sejumlah anggota Tim AdHoc Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syekh Arsyad Thalib Lubis Al Washliyah Sumut.

Menurut Haryanto, bukan hanya PKS, bahkan seluruh elemen masyarat khususnya di Sumut patut memberikan dukungan pemberian gelar Pahlawan Nasional bagi Syekh Arsyad Thalib Lubis atas jasa-jasanya yang begitu besar dalam memajukan dunia pendidikan di tanah air lewat organisasi Al Jam’iyatul Washliyah yang telah berdiri sejak 30 November 1930 di Medan.

“Karenanya, kedatangan kami selain untuk bersilaturahmi, juga untuk memberikan support bagi perjuangan Al Washliyah dalam mengusulkan gelar Pahlawan Nasional kepada Tuan Syekh Arsyad Thalib Lubis. Semoga Presiden Republik Indonesia mengabulkan usulan ini,” kata Haryanto yang juga Penasihat Fraksi PKS di DPRD Sumut.

Haryanto dalam kesempatan itu mengatakan, PKS sebagai partai politik yang juga merupakan bagian dari umat, komit dan siap memperjuangkan aspirasi umat, termasuk aspirasi warga Al Jam’iyatul Washliyah.

Ketua PW Al Washliyah Sumut Dedi Iskandar Batubara menyambut baik dan berterima kasih atas dukungan PKS untuk pemberian gelar Pahlawan Nasional bagi Syekh Arsyad Thalib Lubis yang saat ini tengah diperjuangkan oleh Al Washliyah.

Dedi yang juga Senator di DPD RI menjelaskan pengusulan gelar Pahlawan Nasional untuk Syekh Arsyad Thalib Lubis secara resmi telah disampaikan Al Washliyah kepada Pemprov Sumut melalui Dinas Sosial untuk diteruskan kepada Presiden Republik Indonesia.

Tim Adhoc Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syekh HM Arsyad Thalib Lubis, menurutnya telah menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai ketentuan perundang-undangan dalam pengusulan gelar Pahlawan Nasional.

Saat ini proses pengusulan itu sedang dikaji oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang akan memberi pertimbangan kepada Gubernur Sumut untuk merekomendasikan gelar Pahlawan Nasional bagi Syekh Arsyad Thalib Lubis kepada Presiden RI.

Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk menguatkan pengusulan gelar Pahlah Nasional bagi Syekh Arsyad Thalib Lubis itu adalah dukungan dari berbagai elemen masyarakat.

“Alhamdulillah, hingga hari ini dukungan dari berbagai elemen masyarakat, baik secara pribadi, lembaga, maupun organisasi, termasuk dari partai politik terus mengalir,” ungkap Dedi.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu setengah jam, Dedi dan Haryanto beserta jajaran Pengurus Al Washliyah dan PKS Sumut yang hadir juga mendiskusikan banyak hal, terkait pendidikan, dakwah, legislasi, dan hal-hal berkembang lainnya di masyarakat termasuk soal kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

“Melalui silaturahmi ini tentu saja kita berharap akan mendatangkan kebaikan khususnya bagi Al Jam’iyatul Washliyah yang amal ittifaq-nya pendidikan, dakwah, dan amal sosial,” kata Dedi Iskandar saat bersama Haryanto menyampaikan pernyataan terkait pertemuan itu lewat AW Sumut Channel.

Dedi mengakui banyak sekali lembaga pendidikan Al Washliyah yang membutuhkan perhatian dari para politisi, termasuk para politisi PKS. Bukan hanya lembaga pendidikan di Al Washliyah, tetapi juga lembaga-lembaga pendidikan lainnya yang ada di Sumut, diharapkan juga menjadi concern partai-partai politik yang ada di parlemen.

“Kami juga berterima kasih atas atensi dan dukungan Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Sumatera Utara untuk dukungan gelar Pahlawan Nasional bagi salah seorang pendiri Al Jam’iyatul Washliyah Syekh Arsyad Thalib Lubis. Insya Allah mudah-mudahan dengan ikhtiar ini mendorong beliau bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh negara,” harap Dedi.

OM-zan

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button