OkeNasional

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka Pekan Ini

Jakarta | okemedan. Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang ke 4 akan dibuka sebelum akhir pekan ini.Hal ini seperti diumumkan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.
Pemerintah kini sedang menyiapkan aturan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

“Saat ini Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) yang merupakan aturan turunan dari Perpres 76 2020 sedang difinalisasi,” ungkap pihak Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam keterangan resmi, dikutip Senin (3/8).

Sementara, masing-masing dari kementerian/lembaga juga sedang berkoordinasi untuk menyiapkan hal-hal teknis terkait program tersebut. Kemudian, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengakomodasi aturan permenko dan arah kebijakan pihak komite.

“Segera setelah diputuskan oleh pihak komite maka Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan membuka pendaftaran gelombang ke 4 yang diperkiraan sebelum akhir pekan,” kata mereka.

Manajelem Pelaksana Program Kartu Prakerja menyatakan pihaknya akan menyiapkan kuota yang jauh lebih besar dari tiga gelombang sebelumnya. Namun, belum ada kepastian berapa jumlah kuota yang disediakan pada gelombang ke 4.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan pendaftaran program kartu prakerja gelombang ke 4 akan dibuka dalam waktu dekat. Pemerintah akan menyelenggarakan pelatihan program ini secara online dan offline.

“Program kartu prakerja gelombang ke 4 akan segera dimulai baik offline dan online,” ucap Airlangga.

Airlangga bilang pembukaan kembali pendaftaran program kartu prakerja sejalan dengan terbitnya beleid baru soal program tersebut. Beleid yang dimaksud adalah Perpres 76 Tahun 2020.

“Kemarin sudah clear (jelas), revisi aturannya sudah ada. Tentu, diharapkan gelombang ke 4 segera dimulai,” pungkas Airlangga.

OM-nta/CNNIndonesia

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button