OkeNews

Kapolrestabes Medan Dimutasi, Penggantinya Kombes Riko Sunarko

Medan – Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Eddizon Isir dimutasi menduduki jabatan baru sebagai Kapolrestabes Surabaya. Penggantinya, Kombes Pol Riko Sunarko, dari Paminal Divpropam Polri.

Mutasi ini bagian dari rotasi besar-besaran di tubuh Polri. Kapolri Jenderal Idham Azis merotasi sekitar 270 personel, baik perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen). Rotasi tersebut tertuang dalam telegram rahasia (TR) Nomor : ST/1377/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020 dan Nomor : ST/1378/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Sebelumnya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir pimpin Polrestabes Medan hanya hitungan bulan sejak mengantikan Brigjen Pol Dadang mutasi Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri. Johnny yang pernah menjabat sebagai ajudan Presiden RI Joko Widodo itu resmi bertugas, setelah dilakukannya serah terima jabatan yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Martini Sormin, 3 Januari 2020.

Di awal kepemimpinannya terungkap kasus yang menarik perhatian publik, yakni pembunuhan hakim PN Medan Djamaluddin oleh isterinya, Zuraida Hanum, sebagai otak pelaku dan dua orang eksekutor, Jeffry Pratama, dan Reza Fahlevi.

Sosok penggantinya Kombes Pol Riko Sunarko dikenal pemimpin yang tegas. Kala ia menjabat sebagai Kabid Propam Polda Sulawesi Selatan, tercatat selama 2017, ada 13 personel direkomendasikan di PDTH. Dari jumlah itu, 9 personel yang dipecat, 6 orang karena pelanggaran kode etik, disersi atau meninggalkan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Polri.

Sementara 3 lainnya karena terlibat peredaran narkoba. Kasus yang menarik perhatian publik ditanganinya soal perselingkuhan oknum Polres Jeneponto Bripka SY dengan seorang janda. Kasus ini dilaporkan istri SY sendiri.

Selain jabatan Kapolrestabes Medan, personel lainnya yang bertugas di jajaran Polda Sumut, AKBP Nicolas Dedy Arifianto Kasubditregident Ditlantas Polda Yogyakarta diangkat menjabat Kapolres Tapanuli Tengah. Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Eko Hartanto dimutasikan Kapolres Lhokseumawe.

Kemudian, AKBP Agus Halimudin dari Kabagrenprogar Rorena Polda Sumut diangkat sebagai pemeriksa utama Roprovos Divpropam Polri. Juga AKBP Yushfi Munif Nasution Kabagada Rolog Polda Sumut diangkat sebagai agen intelijen Baintelkam Polri.

Hal ini pun dibenarkan Kasubid Penmas Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

“(TR) Iya benar. Kapolrestabes Medan dan beberapa persobel lainnya dimutasi dengan jabatan dan tanggungjawab yang baru,” ungkapnya, Jumat (1/5/2020).

Selain itu, Pati yang pernah bertugas di Sumut pun juga masuk dalam TR tersebut. Seperti mantan Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang kini pimpin Polda Jawa Tengah dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri. Dengan jabatan baru ini, pangkat Rycko pun menjadi bintang tiga, Komisaris Jenderal. Juga terdapat mantan Kapolrestabes Medan, Irjen Pol Nico Afinta dipercaya pimpin Polda Kalsel.

(diaz) 

Berikan Komentar

Tags

Baca Juga

Back to top button
Close