OkeNews

Ini 4 Provinsi Terapkan Pendisiplinan Cegah Corona

Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan pendisiplinan protokol kesehatan penanggulangan virus corona digelar serentak di empat provinsi dan 25 kabupaten kota. Pada hari ini, empat lokasi menjalankan dimulainya pendisiplinan serentak tahap pertama, dari Jakarta hingga Sulawesi Utara.

“Dalam tahap pertama ini kita laksanakan secara serentak di empat tempat, yaitu di DKI Jakarta, khususnya di Bundaran HI, kemudian di wilayah Bekasi, berikutnya adalah Provinsi Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo,” kata Hadi mendampingi Jokowi di Stasun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Pendisiplinan protokol kesehatan akan dilakukan di 4 provinsi, 25 kabupaten/kota, dan 1.800 objek. Objek tersebut meliputi mal-mal, pasar-pasar rakyat, dan tempat pariwisata.

“Pelaksanaan pendisiplinan dilaksanakan secara bertahap,” kata Hadi.

Masyarakat diminta untuk selalu menajalankan protokol kesehatan penanggulangan Corona , yakni mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menempatkan TNI dan Polri di lapangan untuk mendisiplinkan masyarakat. Jokowi yakin dengan pendisiplinan itu, kurva kasus virus Corona di Indonesia akan semakin menurun.

“Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat ini, menyadarkan masyarakat, mengingatkan masyarakat, kita harapkan kurva dari penyebaran Covid ini akan semakin menurun,” kata Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Jokowi mengatakan saat ini skala R0 atau nomor reproduksi dasar virus Corona di beberapa provinsi sudah di bawah 1. Dia berharap nantinya pendisiplinan terhadap masyarakat dapat terus membuat R0 semakin menurun.

“Kita melihat R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harapkan akan semakin hari semakin turun dengan digelarnya pasukan TNI dan Polri di lapangan secara masif,” ujarnya.

Sumber : detik.com

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button