OkeNews

270 Ekor Satwa di KBM Medan Zoo Terancam Kelaparan Imbas Covid-19

Medan– Covid-19 tidak hanya berimbas pada sektor ekonomi dan kehidupan manusia. Namun juga berdampak pada satwa yang ada di Kebun Binatang Medan (Medan Zoo). Ada 270 ekor satwa
terancam kelaparan sejak Maret 2020 ditutup karena terimbas covid-19.

“Medan Zoo ditutup, jadi tidak ada lagi pemasukan untuk makanan satwa dan gaji pegawai,” kata Dirut PD Pembangunan Kota Medan, Putrama Alkhairi lewat pesan digital, Sabtu (25/4/2020).

Dia mengatakan bahwa satwa yang ada di Medan Zoo harus diberi makan, jika tidak bisa terancam kelaparan.

Menurutnya, Medan Zoo tidak mendapat pemasukkan lagi dari penjualan tiket pengunjung yang merupakan sumber pendanaan pakan satwa.

Ada 270 ekor satwa di Medan Zoo, dan yang terbesar biaya pakannya yakni harimau yang berjumlah 16 ekor. Dalam sehari harimau minimal makan daging sebanyak 3 kilogram per ekor.

Sedangkan untuk biaya pakan satwa sekitar kurang lebih Rp3 juta per hari. Untuk satu bulan diestimasikan sekitar Rp85 juta sampai Rp90 juta.

Biaya tersebut belum termasuk gaji para pegawai di Medan Zoo yang juga terdampak covid-19.

“Persoalan kami bukan hanya makanan satwa. Namun pegawai kebun yang bertugas memberi makan satwa juga terdampak. Sedangkan mereka juga harus makan dan menafkahi keluarganya,” ujarnya.

Untuk menyiasati masalah tersebut, manajemen PD Pembangunan berinisiatif untuk menggalang donasi di internat ASN Pemkot Medan.

Namun ternyata hal tersebut juga belum bisa menggulangi biaya pakan satwa dan gaji pegawai.

“Medan Zoo sejak Maret sudah mengumpulkan donasi namun masih internal pemkot dan sejak Jumat (24/4/2020) kemarin mulai dengan menggalang koin (uang receh) ke publik,” terang Putrama.

Terkait bantuan dari pihak luar yang telah diterima manajemen Medan Zoo yakni 200 kilogram daging ayam sumbangan dari pengusaha kebun binatang Yogyakarta.

Lalu, sumbangan bersumber dari CSR Bank Sumut sebesar Rp25 juta yang sudah diterima Senin (20/4/2020).

“Mohon dibantu (penggalangan dana) saudaraku. Gubernur DKI telah lihat kebun binatang, beritanya di media. Kepala daerah di sini juga harusnya melihat kondisi kebun binatang kita,” pungkas Putrama.

Untuk diketahui, manajemen Medan Zoo menggalang donasi untuk menyelamatkan satwa di Medan Zoo dari kelaparan. Melalui aksi sosial koin penyelamatan satwa Medan Zoo, masyarakat bisa memberikan donasi lewat koin yang dijemput oleh tim penjemputan ke nomor telepon 085761257061 – 085296386525 (Aini dan drh Sucitrawan) atau donasi bisa diantar langsung ke kantor PD Pembangunan Medan, Jalan Sutomo no 2-4, Kota Medan.

(Red) 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button