Jokowi Sentil Menkes Terawan Soal Pencairan Insentif Tenaga Kesehatan

oleh -73 kali dibaca
Presiden Joko Widodo (foto: Biro Sekretriat Presiden)

Jakarta | okemedan  Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melontarkan sindiran keras kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dipimpin Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto perihal percepatan pencairan insentif bagi tenaga kesehatan.

Sindiran tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/6).

“Saya minta agar pembayaran reimbursement untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan covid ini dipercepat pencairannya,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan tak ingin mendengar ada keluhan bahwa insentif maupun bantuan kepada tenaga medis tidak diberikan pada waktunya. Apabila ada prosedur yang menghambat, Jokowi meminta hal itu segera dihilangkan.

“Jangan sampai ada keluhan yang meninggal harus segera bantuan santunan itu harus. Mestinya begitu meninggal, bantuan itu langsung keluar. Prosedur di Kemenkes jangan sampai bertele-tele. Kalau aturan berbelit ya disederhanakan,” tegasnya.

Jokowi mengaku masih tak habis pikir dengan soal pencairan lamban bantuan maupun insentif kepada tenaga medis yang selama ini menjadi garda terdepan dalam upaya menangani wabah Covid-19.

“Mau nunggu apa lagi ini? Anggarannya sudah ada,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi telah menyentil Kemenkes perihal pencairan anggaran kesehatan yang masih lamban. “Misalnya saya beri contoh, bidang kesehatan dianggarkan Rp 75 triliun, baru keluar 1,53%,” katanya.

 

sumber: CNBCIndonesia

Berikan Komentar