OkeNasional

Edy Rahmayadi Ikuti Upacara HUT ke-75 TNI Secara Virtual

OKEMEDAN | okemedan. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar secara virtual, Senin (5/10/2020), dari Markas Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto Medan.

Upacara yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sebagai inspektur upacara, berlangsung khidmat.

Gubernur mengucapkan selamat HUT ke-75 kepada TNI. “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, semoga selalu siap dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan kepribadian. TNI kuat, hebat dan profesional. Jayalah TNI ku, TNI kita bersama,” ujar Edy Rahmayadi usai upacara.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga. Kemudian Gubernur Edy Rahmayadi bersama dengan Panglima Kodam I/BB Mayor Jenderal TNI Irwansyah, Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Martuani Sormin, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Komandan Lantamal I Belawan Brigadir Jenderal Mar I Made Wahyu Santoso, Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono dan Komandan Lanud Soewondo Kolonel PNB JH Ginting, mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengapresiasi peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Saat ini tugas TNI tidak hanya memelihara perdamaian saja. TNI juga berada di garis terdepan dalam melakukan penanganan Covid-19, baik dalam melakukan pendisiplinan mematuhi protokol kesehatan, maupun melakukan perawatan. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, bahwa TNI harus terus melakukan tranformasi organisasi dan teknologi. Untuk mewujudkan itu semua juga harus didukung oleh prajurit yang hebat. Karakter pejuang harus ditananam dalam diri setiap prajurit.

“TNI harus bisa bersinergi dan bahu membahu. Kita harus terus melakukan transformsi teknologi, bersiap menghadapi cara terbaru pertempuran di masa depan. Pertempuran yang menggabungkan berbagai taktik strategi sekaligus,” ujarnya.

Terakhir, Jokowi pun mengucapkan selamat HUT ke-75 TNI. “Atas nama rakyat, bangsa dan negara saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI dimanapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menganugerahkan tanda jasa dan kehormatan bagi tiga anggota TNI yang dianggap menjalankan tugas lebih dari tugas pokoknya.

Adapun yang menerima penghargaan yakni Kolonel Infantri Sri Widodo dari Badan Pusdiklatpassus Kopassus, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

Kemudian Kapten Marinir Suryo Umam dari Yonif 1 Korps Marinir yang dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya. Terakhir Pembantu Letnan Satu Sobirin Bintara dari Batalion Kesehatan Denma Mabes AU, dianugerahi tanda kehormatan Bintang Swabuana Paksa Nararya.

OM-akbar

 

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button