OkeNasional

Daftar Kota dan Provinsi yang Masih Terapkan PSBB

Jakarta – Sebagian daerah masih menerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Penerapan PSBB tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 yang diteken Presiden Joko Widodo pada akhir Maret lalu.

Penerapan PSBB diajukan oleh kepala daerah, baik gubernur, bupati, maupun wali kota dan harus mendapat persetujuan dari menteri kesehatan. Selain itu, penerapan PSBB juga bisa berasal dari permintaan tim gugus tugas.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, hingga saat ini, PSBB masih dilaksanakan di empat provinsi dan 10 kabupaten/kota. Namun, satu provinsi, yakni Sumatera Barat tak memperpanjang PSBB dan memilih mulai menerapkan new normal.

PSBB tingkat Provinsi

1.Provinsi DKI Jakarta

Provinsi DKI Jakarta merupakan wilayah pertama yang menerapkan PSBB. PSBB diterapkan di Ibu Kota pertama kali pada 10 April. Kebijakan pembatasan ini telah diperpanjang 3 kali.

PSBB dilakukan dengan sejumlah ketentuan yang mengatur soal aktivitas sekolah, tempat kerja, kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat atau fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya serta moda transportasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian memutuskan untuk memperpanjang PSBB di Jakarta untuk keempat kalinya dengan beberapa pelonggaran yang disebut sebagai masa transisi selama bulan Juni.

Pada masa PSBB transisi ini dilakukan perluasan pada kegiatan sosial-ekonomi produktif, seperti restoran dan perkantoran boleh beroperasi kembali mulai 8 Juni,  pusat perbelanjaan dan mal boleh beroperasi mulai 15 Juni.

Masa transisi dirancang dengan dua fase: Fase I dan Fase II. Setiap Fase berlaku satu bulan, dan bisa diperpanjang sesuai hasil pemantauan kondisi pengendalian wabah Covid-19.

2.Provinsi Sumatera Barat
Provinsi Sumatera Barat menerapkan PSBB tahap pertama pada 22 April sampai 5 Mei lalu. Kemudian PSBB diperpanjang hingga 29 Mei, dan kini diperpanjang lagi hingga 7 Juni. Setelah selesai hari ini, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno memutuskan tak memperpanjang PSBB.

Irawan menerapkan new normal di seluruh wilayah kota/kabupaten di Sumbar, kecuali Kota Padang dan Kabupaten Mentawai mulai 8 Juni. Kota Padang dan Kabupaten Mentawai kini ditetapkan PSBB transisi per 8 Juni.

3.Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengambil keputusan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proporsional untuk dua wilayah.

PSBB di wilayah Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek) diperpanjang hingga selama 28 hari, terhitung dari Jumat (5/6) hingga Kamis (2/7). Sedangkan di luar wilayah tersebut PSBB akan berlaku hingga 12 Juni 2020.

4.Provinsi Gorontalo
Pemerintah Provinsi Gorontalo memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk tahap ketiga. PSBB tahap ketiga ini berlangsung hingga 14 Juni 2020.

PSBB tingkat kabupaten/kota

1.Kota Tangerang
Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Kota Tangerang. PSBB di daerah penyangga Ibu Kota ini diperpanjang hingga 14 Juni.

2.Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang juga memutuskan untuk memperpanjang PSBB hingga 14 Juni

3.Kota Tangerang Selatan
Selain Kota dan Kabupaten Tangerang, PSBB di Kota Tangerang Selatan juga diperpanjang sampai 14 Juni.

4.Kota Surabaya

PSBB untuk penanganan virus corona (Covid-19) di wilayah Kota Surabaya diperpanjang hingga tahap ketiga, mulai 26 Mei hingga 9 Juni 2020.

5.Kabupaten Sidoarjo

Selain di Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memutuskan PSBB di Kabupaten Sidoarjo diperpanjang hingga 9 Juni.

6.Kabupaten Gresik
Kabupaten Gresik juga merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang menerapkan PSBB hingga 9 Juni.

7.Kota Palembang
Pemerintah Kota Palembang memperpanjang PSBB mulai 3 Juni hingga 16 Juni.

8.Kota Prabumulih

PSBB di Kota Prabumulih dilakukan selama 14 hari terhitung sejak 27 Mei hingga 9 Juni

9.Kabupaten Buol
PSBB di Kabupaten Buol mulai dilaksanakan sejak 12 Mei lalu dan akan berakhir pada 10 Juni
.

10.Kabupaten Barito Kuala
PSBB di Kabupaten Barito Kuala mulai dilakukan sejak 16 Mei dan akan berakhir pada 12 Juni.

 

 Sumber: CNNIndonesia

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button