OkeNasional

Berkendaraan Dini Hari Rawan kecelakaan, Ini Saran Polisi

JAKARTA I okemedan. Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi pada saat dini hari. Bahkan, kecelakaan pada situasi ini bisa berakibat fatal hingga menelan korban jiwa.
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kecelakaan yang terjadi pada dini hari bisa disebabkan berbagai faktor. Salah satunya karena hilangnya konsentrasi karena mengantuk.

“Penyebabnya bisa karena ngantuk, tidak patuh pada rambu-rambu lalu lintas,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

Sambodo menyebut kondisi tubuh yang lelah pada tengah malam berakibat pada tingkat konsentrasi yang menurun. Dia menyarankan jika kondisi tubuh sedang tidak fit lebih baik tidak berkendara pada dini hari.

“Berkendara malam hari agar tetap menjaga konsentrasi, patuhi aturan lalu lintas. Kalau kondisi fisik sedang tidak fit lebih baik tidak usah nyetir, jangan dipaksakan,” ujar Sambodo.

Tak hanya itu, dia juga meminta pengemudi yang berkendara di dini hari agar tetap memperhatikan laju kendaraannya. Selain tidak boleh memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi, rambu lalu lintas pun harus dipatuhi.

“Jaga kecepatan, jangan sampai ngantuk, tetap jaga konsentrasi, patuhi aturan rambu-rambu lalu lintas,” katanya.

Seperti diketahui, pada Kamis (20/8) sekitar pukul 01.30 WIB terjadi kecelakaan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat yang mengarah ke Bundaran HI. Saat itu, pengendara mobil warna putih bernopol B-2068-TIB yang tengah melintas dari selatan ke utara tiba-tiba menabrak pengendara motor di depannya

Akibat kecelakaan itu, pemotor berinisial DWS, yang bekerja sebagai PNS, pun mengalami luka-luka robek di kepala dan meninggal di lokasi. “Akibat kecelakaan tersebut, pengemudi kendaraan motor DWS mengalami luka-luka dan meninggal dunia di TKP,” ujar Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/8/2020).

Tiga hari sebelumnya juga terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil Lexus dan pemotor di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, pada Senin (17/8) dini hari. Dalam kecelakaan itu, satu orang dilaporkan tewas.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji menjelaskan peristiwa ini terjadi saat mobil Lexus yang dikendarai Christiady Hutama (27) melintas di Jalan Palmerah Utara, Senin (17/8) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Sesampai di depan Pasar Palmerah, mobil bernopol B-805-HIU itu menabrak pengendara sepeda motor yang dikendarai Sunanto (43) dan Rosiyah (37) dari arah yang sama.

“Pembonceng kendaraan sepeda motor, Rosiyah, mengalami luka pada bagian kepala memar. Setelah kejadian, korban dibawa ke RS Pelni Petamburan. (Korban) kemudian meninggal dunia di RS tersebut,” kata Lilik, dalam keterangannya, Senin (17/8).

OM-detik

Berikan Komentar

Tags

Baca Juga

Back to top button
Close