OkeHukum

Terlilit Utang, Karyawan SPBU Mencuri Uang

Medan | okemedan. Seorang pria berinisial TN (24), warga Jalan Medan Area Selatan Gang Tirto, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area diamankan petugas Polsek Medan Kota, Selasa (14/7/2020).

Karyawan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14.201.1159 Jalan SM Raja Medan ini nekat mencuri uang milik perusahaan tempatnya bekerja sebesar Rp 3.450.000. Uang itu diambil tersangka dari loker tempat penyimpanan uang karena terlilit utang.

Kapolsek Medan Kota, Kompol Rikki Ramadhan melalui Kanit Reskrim, Iptu M Ainul Yaqin mengatakan, penangkapan terhadap tersangka berawal dari laporan manager SPBU tersebut, telah kehilangan uang dari loker penyimpanan.

“Tim kemudian mendapatkan informasi bahwa tersangka yang dicurigai adalah salah satu dari karyawan SPBU tersebut,” ujar Yaqin, Kamis (23/7/2020).

Dikatakan Yaqin, pihaknya kemudian melakukan interogasi terhadap karyawan tersebut dan ditemukan adanya keganjilan saat TN memberikan keterangan. Setelah diinterogasi lebih luas, akhirnya pelaku mengakai dialah yang mengabil uang tersebut.

“Keterangannya berbelit-belit dan sangat tidak masuk akal. Setelah kita tanya lebih mendalam, baru dia mengakui perbuatannya,” ungkap Yaqin.

Kepada petugas, kata Yaqin, pelaku TN mengaku membuka loker dengan sebilah pisau dan sempat menyimpan uang hasil curian itu di rumah orang tuanya di Jalan Utama. Tim kemudian langsung bergerak ke rumah yang dimaksud dan mengamankan barang bukti.

Tersangka dan barang bukti kemudian langsung diboyong ke Polsek Medan Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara, korban M Rofik Ibrahim Nasution (25) yang dikuasakan pihak SPBU kemudian diarahkan untuk membuat laporan.

Yaqin menambahkan, tersangka nekat mencuri uang dari tempatnya bekerja karena terlilit utang dan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Atas perbuatannya, tersangka kita jerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukaman di atas lima tahun kurungan penjara,” pungkas Yaqin.

OM-bandi 

Berikan Komentar
Tags

Baca Juga

Back to top button
Close