OkeHukum

Pengusaha Ditahan karena Tipu Adik Sepupu Miliaran Rupiah

MEDAN I okemedan. Penyidik Ditreskrimum Polda Sumut melakukan penahanan terhadap pengusaha PT Pusaka Abadi Makmur, TA alias A Huat (52) karena kasus penipuan terhadap adik sepupu kandungnya, Ali Sutomo sebesar Rp 4 miliar lebih.

Tersangka tinggal secara berpindah-pindah,  yakni di Kompleks Cemara Asri Jalan Anggur No 8 K.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Poldasu Kombes Irwan Anwar  ketika dikonfirmasi membenarkan penahanan tersangka TA.

“Benar, ditangani Subdit II, sekarang ditahan,” kata Kombes Irwan Anwar, kemarin.

Diketahui, TA ditahan dalam kasus penipuan atas laporan pengaduan Ali Sutomo sesuai bukti laporan No.LP/34/I/2020/Sumut/SPKT “I” tanggal 9 Januari 2020.

Korban Ali Sutomo mengaku, menjual sebidang lahan yang di atasnya ada bangunan kos-kosan di Jalan Gajah Mada Medan sebesar Rp16 miliar, kepada TA yang merupakan abang sepupu kandungnya.

Tersangka menggadaikan lahan berikut bangunan itu ke Bank Danamon melalui PT Pusaka Abadi Makmur sebesar Rp 16 miliar.

Tetapi, tersangka membayarkan kepada korban sebesar Rp 11.820.000.000 dan tersangka berjanji sisanya sebesar Rp.4.180.000.000 akan dibayarkan kemudian.

“Tapi, saya bolak-balik menagih sisa utangnya tidak kunjung mau membayar dengan alasan macam-macam. Karena saya merasa telah ditipu, akhirnya saya melaporkan TA ke Polda Sumut dan tersangka sudah sekitar 1 Minggu mendekam di RTP Mapoldasu,” jelas Ali Sutomo, Minggu (4/10/2020).

Korban menduga, uang sisa uutang tersangka itu digunakan untuk membeli rumah mewah di Kompleks Cemara Asri dan kebutuhan istri-istri tersangka.

Sementara, seorang teman tersangka  mengakui  TA salah seorang pengusaha sukses di Stabat Kabupaten Langkat.

“Dia punya dua rumah mewah di Jalan Sempurna yang dihuni istri pertama dan kedua dan satu gudang PKS (Pabrik Kelapa Sawit). Bahkan, kalau tidak salah ada 20 unit lebih mobil truk miliknya. Tapi, walau dikenal pengusaha sukses tidak begitu dekat dengan warga sekitar,” ujar pria yang tidak bersedia menyebut identitasnya.

OM-bandi

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button