OkeHukum

Oknum Polantas yang Viral Diduga Pungli Bakal Disanksi

Medan –  Oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas) Bripka RS, personel Polsek Medan Timur yang viral karena diduga meludahi pengemudi mobil Yaris putih dan melakukan pungli ke pengemudi mobil telah diperiksa di Polrestabes Medan. Ia terancam mendapat sanksi jika terbukti melakukan pungli.

“Apabila benar sesuai berita yang beredar maka oknum yang bersangkutan akan diproses sidang disiplin serta penindakan oleh Sie Propam Polrestabes Medan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Sabtu (11/4) malam.

Tatan mengatakan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin sudah memerintahkan jajaran Polrestabes Medan menyelidiki dugaan pungli itu hingga tuntas. Dia juga berterima kasih kepada warga yang melaporkan oknum polisi diduga melanggar aturan.

“Kapolda Sumut dalam hal ini tegas memberikan sanksi dan akan menindak tegas terhadap prilaku-prilaku anggota yang menyimpang atau meresahkan masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan oknum berseragam Polantas di Medan diduga melakukan pungli ke pengguna jalan viral di media sosial. Dilihat Sabtu (11/4/2020), tampak ada seorang Polantas yang memberhentikan mobil berwarna putih di jalanan.

Sang perekam video menyebut si oknum polisi menerima uang melalui temannya yang berpakaian sipil warna biru tanpa ada resmi tertera plank razia.

“Tolong viralkan bang. Tanpa ada razia, terima uang. Viralkan aja,” sebutnya.

Salah satu akun Facebook yang mengupload video ini menuliskan:

“Padahal ludah bisa menyebarkan virus Corona. Polisi daerah Medan, minta uang tanpa razia, pengemudi mobil Yaris di ludahin,” tulis akun Ling.

“Mobil kami tadi sudah disetop sama dia, meminta uang,” ujar perekam video itu.

Dalam video itu juga terlihat oknum polisi tersebut menunggu pengendara mobil turun. Setelah ditunggu, pengendara mobil berwarna putih yang dihentikan oknum polisi itu kemudian terlihat turun dan mendorong oknum Polantas itu.

Oknum Polantas itu tersebut terlihat memegang ponsel seperti merekam. Pengendara mobil itu juga terlihat seperti merekam kejadian tersebut.

“Videokan aja, tadi ada saya videokan juga. Betul-betul, viralkan, tanpa ada razia, tolong viralkan bang, viralkan, viralkan bang, ini suap ada video sama saya,” ucap perekam video itu.

Tak lama berselang, ada terlihat petugas lain yang datang. Warga juga terlihat berkerumun di lokasi. *

 

 Sumber: detik.com

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button