Nekat Lempar Bom Molotov ke Rumah Anggota Koramil karena Utang Piutang

oleh -56 kali dibaca
Tersangka bom molotov diamankan dan objek yang menjadi sasaran pelemparan. Ist

Delitua – Personel gabungan Satuan Reskrim Polresta Deliserdang dan Polsek Biru-biru berhasil mengungkap tersangka pelemparan bom molotov ke rumah anggota Koramil 15/DT, Pelda Sugiman (50), Dusun II Gang Teratai Desa Sidomulyo pada Minggu (28/6/2020) subuh.

“Saat ini kita sedang melaku di pengejaran terhadap pelaku utama pelemparan bom molotov tersebut,” kata Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi melalui Kasat Reskrim, Kompol Muhammad Firdaus, Senin (29/6/2020).

Dijelaskannya, tersangka yang berhasil ditangkap di rumahnya adalah AI alias Dedek (32), warga Jalan Ardagusema Delitua, Kelurahan Delitua Timur, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang. Sedangkan otak pelaku berinisial Dl (28) warga Jalan Pasar 1 Desa Sidomulyo, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, masih dalam pengejaran.

Dia mengungkapkan, motif pelemparan bom molotov itu dilatarbelakangi utang antara pelaku Dl dengan anak korban bernama Danu. Dl diduga sakit hati sehingga nekat melakukan aksi teror.

“Alasan pelaku melakukan tindak pidana itu karena adanya utang piutang antara Dl dengan Danu,” ungkap mantan Kanit Buncil Dit Reskrimum Polda Sumut tersebut.

Kepada penyidik, sambung Firdaus, tersangka Dedek menyebut aksi itu diotaki pelaku Dl. Pelemparan bom molotov dilakukan Dila setelah berhenti di depan rumah korban.

“Dila turun dari sepeda motor kemudian mengambil bom molotov yang disangkutkan pada gantungan kunci sepeda motor dan langsung dilemparkan ke arah pintu rumah korban. Selanjutnya Dl yang membawa sepeda motor dan pelaku Dedek dibonceng langsung kabur,” terang Firdaus.

Dua saksi dimintai keterangan dalam penyidikan kasus ini. Bersama tersangka turut disita satu unit sepeda motor Yamaha Vega R hitam merah tanpa plat nomor polisi yang digunakan untuk beraksi.

Peristiwa itu diketahui setelah korban terbangun karena mendengar suara ledakan kecil dari depan rumahnya. Pelda Sugiman melihat kobaran api di bagian pintu depan rumah sehingga berteriak minta tolong dan warga berdatangan.

Selanjutnya, peristiwa itu dilaporkan korban ke Danramil 15/DT, Kapten Czi TEJ Tobing dan Polsek Biru-biru.

(diaz)

Berikan Komentar