Sempat Muat Gambar Nabi Muhammad, Episode South Park Dihapus

oleh -98 kali dibaca
ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad SAW. Episode kontroversial South Park yang memuat wajah Nabi Muhammad dihapus. Foto: smileyandwest.ning.

Ottawa okemedan Penggemar serial kartun South Park kini bisa menonton seluruh seri melalui streaming, terkecuali lima episode South Park yang kontoversial karena memuat penggambaran Nabi Muhammad.

Seperti dilansir ET Canada lima episode kontroversial yang menampilkan penggambaran Nabi Muhammad dihilangkan dari layanan streaming HBO Max. termasuk episode “Super Best Friends, Cartoon Wars’ bagian 1 dan 2, serta musim 14 episode 200 dan 201. Di Kanada misalnya, episode tersebut juga tak tersedia untuk layanan streaming di Crave, Kanada.

Episode-episode South Park itu telah beberapa tahun menjadi kontroversi karena bertentangan dengan kepercayaan Umat Islam tentang larangan penggambaran sosok nabi.

Pencipta South Park yakni Trey Parker dan Matt Stone pada 2010 bahkan sempat menerima teguran atas penggambaran Nabi di serial kartun itu. Pihaknya pun lantas menyensor suara dan gambar karakter Nabi Muhammad dalam episode tersebut. Hingga kemudian berujung pada penghapusan episode itu dari peredaran di Comedy Central dan layanan streaming lainnya.

South Park tayang di HBO Max setelah kesepakatan untuk hak streaming yang diperkirakan mencapai lebih dari 500 juta dolar Amerika. Serial kartun itu tayang dengan episode baru yang hadir 24 jam setelah ditayangkan Comedy Central.

Republika -Sumber: https://etcanada.com/news/660780/south-park-episodes-depicting-the-prophet-muhammad-left-off-streaming-services/amp/

Berikan Komentar