OkeGlobal

Gegara Corona, Lithuania Ubah Bandara jadi Lokasi Bioskop Drive-In

Vilnius– Sebuah pesawat kargo lepas landas dari Bandara Vilnius pada Kamis, 30 April, sementara hanya beberapa ratus meter jauhnya, orang-orang menonton film dari mobil mereka di sebuah bioskop drive-in darurat di landasan bandara.

Para pengendara sekitar 160 kendaraan berada di bawah instruksi ketat untuk menjaga jendela mereka tertutup guna mencegah penyebaran coronavirus  – tetapi mereka senang berkesempatan menonton film Korea Selatan, Parasite, pemenang Oscar di malam pembukaan bioskop drive-in.

Dalam keadaan normal, sekitar 3,8 juta orang terbang melalui Bandara Vilnius pada tahun lalu, tetapi semua penerbangan yang dijadwalkan berhenti sejak sebulan yang lalu, menyusul pemberlakuan lockdown di  Lithuania untuk melawan virus corona.

Akibanya, restoran, ruang konser, dan bioskop tetap ditutup dan warga Lituania didorong untuk tetap di rumah. Jikapun mereka keluar mereka harus memakai masker dan tidak boleh berada dalam kelompok yang lebih dari dua orang, jika bercampur dengan anggota yang bukan keluarga.

Namun pemerintah pekan ini telah mengizinkan kafe terbuka untuk buka kembali dan beberapa acara, seperti bioskop drive-in, karena tingkat infeksi corona menurun di negara itu.

Algirdas Ramaska, yang mengorganisasi bioskop yang berjalan selama empat minggu mengungkapkan rasa bahagianya.”Memutar film di bandara selalu menjadi impian saya, tetapi kami hanya punya kesempatan sekarang. Landasan terlalu sibuk selama operasi normal”, katanya.

“Responsnya luar biasa, tiket terjual habis untuk beberapa hari ke depan. Orang-orang sangat lelah setelah tinggal di rumah begitu lama dan mereka ingin keluar” imbuhnya.

.Sebelumnya, Festival film internasional tahunan di Vilnius, yang sedianya berlangsung pada bulan Maret, dibatalkan karena lockdown. “Ini benar-benar pengalaman yang luar biasa, menonton film di sini – saya tidak pernah berada di dalam bandara dengan mobil saya, hanya di dalam pesawat”, ungkap seorang penonton, Egle Ribaciauskaite, 34 tahun.

Saat pemutaran film, semua penonton wajib tetap berada di dalam mobil mereka. Jika harus ke toilet, mereka setiap saat bisa keluar sebentar bersama kendaraannya . Toilet disediakan di luar bandara. Terkait lokasi bioskop, rute untuk pesawat pun dipindahkan agar suara pesawat tidak menganggu dan frekuensi radio cadangan digunakan untuk mengirimkan suara film ke setiap kendaraan penonton.

 

Sumber: CNA

 

Berikan Komentar

Baca Juga

Back to top button