Street Food di Bangkok, Dimana ya?

oleh -80 kali dibaca
Suasana street food di area Platinum Fashion Mall, Bangkok. okemedan/putra

Bangkok ibukota Thailand selain kaya obyek wisata alam terutama pantai yang indah juga kulinernya. Kemana berjalan banyak penjual makanan, dari street food sampai restoran luxury.

Kuliner Thailand memiliki kemiripan rasa dengan masakan Indonesia hanya rasa asamnya lebih dominan disamping rasa pedas.

Di Bangkok terdapat beberapa spot kuliner jalanan (street food) favorit yang menawarkan aneka citarasa Thailand seperti Som Tam (salad pepaya), Khao Pad (nasi goreng), Pad Tnai Kung (mi tiau dengan udang), Khao Mun Gai (nasi ayam rebus), Gai/Moo Bing (sate tusuk ayam atau babi dipanggang), Sai Krok Issan (sejenis sosis), Pad Krapao Moo (babi goreng dengan daun kemangi), Pla Pao (ikan asin panggang dan aneka mie.

Mengenai mie, mie di Bangkok banyak macamnya seperti mie ayam, mie bebek, mie telur, mie bakso dan mie sapi, mie kedelai merah Yen Ta Fou, dan lain-lain.

Ada beberapa titik populer bagi pemburu kuliner di Bangkok seperti di Chinatown – di kawasan jalan utamanya, di Bang Rak, Rattanakosin, di sekitar Pratunam, dan Jalan Khao San, surganya backpacker dari seluruh dunia.

Penjual makanan di Bangkok pada umumnya selalu menjaga kebersihan dengan menutup makanan yang ada menggunakan plastik. Begitu juga untuk mengambil makanan, mereka mengenakan sarung tangan plastik. Kue-kue basah yang dijual semua ditutup plastik wadahnya. Penjual rujak buah juga mengenakan sarung tangan plastik untuk mengambil buah dan memotongnya.

Di samping itu kita juga mudah menemukan food truck maupun mobil kuliner di area-area publik seperti di kawasan Rachada, Platinum dan Pratunam selalu diramaikan penjual makanan dan minuman dengan mengunakan mobil yang dimodifikasi. Umumnya makanan dan minuman modern.

Nah sekarang ingin tahu harga makanan di pinggir jalan di Bangkok? Wow, relatif murah, berkisar dari 30 Baht (atau sekitar Rp 12. 000) hingga 90 Baht (atau sekitar Rp 27 ribu) per porsinya. Oya, jangan lupa bagi yang Muslim menanyakan atau memastikan apakah makanan dan minumannya halal.

OM-Putra

Berikan Komentar