, ,

Gulai Kepah Kaya Rempah

oleh -435 kali dibaca

Gulai Kepah Kaya Rempah

Medan-OkeMedan
Kalau pernah berkunjung ke Tanjung Balai, Sumatera Utara jangan lupa untuk mencicipi gulai kepah dengan citarasa rempah-rempah lokal yang menggugah selera.Kepah dan hasil-hasil laut di daerah Tanjung Balai yang berbatasan dengan lautan lepas memang cukup mudah didapatkan.Kepah adalah sejenis kerang-kerangan tapi ukurannya lebih kecil dan dagingnya lebih tipis.

Gulai kepah jarang bisa Anda ditemukan di daerah lain.Di Sumatera Utara sendiri jarang rumah makan yang menyajikan makanan khas suku Melayu pesisir ini.Salah satu rumah makan di Tanjung Balai yang menyediakan gulai kepah adalah Rumah Makan Taufik yang berada di dekat Mesjid Raya Tanjung Balai.Rumah makan ini menyediakan ikan-ikan segar dan udang kelong laut ukuran besar yang bisa dipilih sendiri kemudian dimasak dengan cara dipanggang atau asam manis sesuai keinginan konsumen.

Nah, selain ikan segar gulai kepah adalah menu istimewa yang diracik dengan bahan kaya rempah seperti serai,kunyit, ketumbar dan lainnya. Kuahnya dibuat dengan kekentalan yang pas terlihat begitu menggoga dengan taburan serai yang diiris-iris kecil dan tipis dengan harum yang mengundang rasa lapar.

“Kalau pulang kampung ke Tanjung Balai, kuliner wajib yang saya cari ya gulai kepah ini. Karena kemana-mana saya berjalan belum pernah saya ada jumpa yang menyediakan gulai kepah,” ujar Midi, perantau dari Medan yang ditemui saat menikmati makanan khas laut di rumah makan taufik.

Gulai bersantan memang menjadi makanan khas masyarakat melayu pesisir seperti Tanjung Balai. Sampai-sampai ada satu istilah bahkan dijadikan lirik lagu oleh masyarakat Tanjung Balai “Biar rumah ondak runtuh asal bagulai lomak”.

Kira-kira begitulah pentingnya makanan yang lezat di lidah masyarakat Tanjung Balai. Dan tak salah memang kalau perempuan-perempuan mereka jago mengolah hasl-hasil laut dengan citarasa yang enak.Selain gulai kepah, di lain kesempatan jika Anda berkunjung di bulan Ramadhan jangan lupa juga untuk mencoba bubur pedas Tanjung Balai yang tak kalah aduhai dengan gulai kepah.Bubur pedas khas daerah ini terbuat dari hampir 100 an macam bahan-bahan dan rempah-rempah.OM masitoh

Berikan Komentar